Iklan RBTV Dalam Berita

Biar Gak Naik Darah, Begini Caranya Memanggang Daging Gak Lengket

Biar Gak Naik Darah, Begini Caranya Memanggang Daging Gak Lengket

Cara memanggang daging agar tidak lengket--

Salah satu cara memanggang daging yang juga harus diperhatikan adalah tepat dalam menyiapkan daging. Langkah pertama, sebaiknya keluarkan daging dari kulkas paling tidak 30 menit sebelum mulai dipanggang. Diamkan daging selama durasi tersebut. Ini sangat penting dilakukan khususnya jika Anda menggunakan daging berpotongan besar, seperti porterhouse atau ribeye yang memiliki tulang besar. Jika Anda memaksakan diri untuk memanggang daging langsung begitu keluar dari kulkas, hasilnya tidak akan sempurna. Tingkat kematangan daging tidak akan merata dan tekstur daging akan berubah menjadi lebih kering dengan cepat.   

8. Gunakan Penjepit, Bukan Garpu

Berinvestasilah membeli penjepit atau tongs berkualitas agar Anda dapat maksimal mempraktekkan cara memanggang daging yang benar. Jika Anda memaksa menggunakan garpu untuk membalikkan daging, setiap tusukan pada daging akan menghilangkan juice di dalamnya yang sebenarnya akan membuat daging terasa lebih enak saat disajikan. Pilihlah penjepit  yang didesain untuk heavy-duty, bergagang panjang, dan memiliki pegas.   

BACA JUGA:Nat Keramik Lantai Kotor dan Hitam, Basmi Dengan Bahan Dapur Ini, Sekali Gosok Langsung Kinclong

9. Tambahkan Sayuran

Panasnya pemanggang akan membuat rasa manis pada sayuran keluar secara alami. Anda bisa memanggang sayuran yang lembut dan memiliki kandungan banyak air, seperti paprika atau bawang langsung di atas arang. Jika Anda ingin memanggang sayuran yang padat seperti kentang, sebaiknya letakkan sejauh mungkin dari arang.   

10. Biarkan Daging “Beristirahat”

Saat daging dipindahkan dari pemanggang, suhu biasanya akan terus meningkat sebanyak 10 persen. Oleh karena itu, saat Anda telah mencapai suhu yang diinginkan, Anda bisa memindahkan daging dari pemanggang dan diamkan daging tersebut setidaknya selama lima menit sebelum Anda memotongnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Dengan cara memanggang daging seperti ini, udara di sekitar daging akan menghentikan proses meningkatnya suhu, juice di dalam daging akan kembali merata ke seluruh bagian, dan tekstur daging akan menjadi lebih lembut dan empuk. Kalau dipotong terlalu cepat, juice dalam daging akan tumpah dan hilang begitu saja karena tidak sempat tersebar merata ke seluruh bagian daging.   

11. Ketahui Kapan Daging Matang

Tingkat kematangan daging bisa sangat bervariasi. Kuncinya, Anda bisa menggunakan timer dan termometer makanan instan untuk mengetahui apakah daging yang Anda panggang sudah matang atau belum.  

BACA JUGA:Pekarangan Rumah Sempit? Ini Cara Mudah Menanam Cabe Dalam Pot Bunga

12. Membersihkan Pemanggang Daging

Jika mau membersihkan pemanggang, sebaiknya lakukan saat pemanggang masih dalam keadaan panas. Jika dilakukan saat pemanggang, Anda akan makin kesulitan untuk menghilangkan residu yang lengket dan menempel pada pemanggang. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan wire brush atau potongan bawang. Dengan cara ini, panggangan daging sudah siap digunakan saat Anda ingin memakainya di lain waktu. Tidak sulit bukan mempelajari cara memanggang daging yang benar? 

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: