Iklan dempo dalam berita

Sering Terasa Nyeri Dipersendian? Itu Tanda Gejala Asam Urat, Hindari 10 Makanan Ini

Sering Terasa Nyeri Dipersendian? Itu Tanda Gejala Asam Urat, Hindari 10 Makanan Ini

Sering Terasa Nyeri Dipersendian? Itu Tanda Gejala Asam Urat, Hindari 10 Makanan Ini--Foto ilustrasi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Asam urat atau gout adalah zat sisa yang tubuh hasilkan saat mencerna makanan tertentu. Ketika kadar asam urat naik dan membentuk kristal, maka terjadilah penyakit ini. Asam urat merupakan penyakit yang menyebabkan persendian terasa sangat nyeri dan bengkak.

BACA JUGA:Selain Konsultasi ke Dokter, Coba Lakukan 3 Titik Refleksi untuk Redakan Sakit Asam Urat Anda

Penyakit ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, seperti faktor keturunan, efek samping dari terlalu sering konsumsi obat-obatan, memiliki riwayat penyakit kronis, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Sehingga berhati-hatilah dalam memilih makanan, agar tidak dapat menyebabkan penyakit asam urat.

BACA JUGA:Obat Alami Ala Dr Zaidul Akbar, Asam Urat Bisa Sembuh Dengan Konsumsi Jahe Dan Pare

Makanan pantangan asam urat dan rematik sudah seharusnya dihindari oleh para penderitanya. Untuk mengonsumsi sesuatu, tentunya perlu memperhatikan kandungan dari makanan tersebut. Penyakit ini umumnya mempengaruhi area seperti jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut, dan tumit. Selain faktor genetik, pola makan juga dapat menjadi pemicu gout atau radang sendi.

BACA JUGA:Bisa Lepas dari Obat, Atasi Asam Urat Hanya Dengan Rebusan Daun Sirih, Ini Faktanya

Oleh karena itu, ada beberapa jenis makanan pantangan yang sebaiknya pengidap kondisi ini hindari, seperti :

1. Udang

Udang adalah makanan laut yang mengandung purin tinggi dan lemak. Udang memiliki kandungan purin sekitar 9-10mg setiap 100gram. Terlalu banyak mengonsumsi udang bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol naik, sehingga menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, seperti jantung dan stroke.

Selain udang, makanan laut yang juga perlu dihindari oleh penderita asam urat adalah ikan trout, ikan tuna. Dan ikan olahan seperti sarden dan ikan makarel.

BACA JUGA:Baru Tahu, Ternyata Minum Jus Ini Bikin Asam Urat Minggat

2. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, daging domba, daging kambing, daging kerbau dan daging kuda, mengandung purin tinggi dan lemak jenuh. Makanan ini bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol. Selain itu, daging merah bisa menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko sakit jantung, dan risiko kanker tertentu.

BACA JUGA:Nyeri Asam Urat Hilang Berkat Ramuan Herbal Jahe, Begini Cara Membuatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: