Iklan dempo dalam berita

Tips Menghemat BBM Kendaraan, Kecepatan dan Angin Ban Sangat Menentukan

Tips Menghemat BBM Kendaraan, Kecepatan dan Angin Ban Sangat Menentukan

Tips Menghemat BBM Kendaraan, Kecepatan dan Angin Ban Sangat Menentukan--

Ban wajib dicek berkala, jika Anda rutin servis mobil maka angin akan ban akan terisi dengan pas. Fungsi dari ban adalah untuk menapaki berbagai jenis jalanan serta menopang beban dari kendaraan serta mesin. 

Tekanan angin yang pas dalam ban akan membuat ban memiliki ketahanan gulir yang sangat baik. Apabila tekanan anginnya kurang maka ban tidak tahan gulir sehingga bahan bakar yang digunakan lebih boros. 

BACA JUGA:Pelajar Usia 6-21 Tahun Dapat Rp 1 Juta, Cek Syarat Bantuan PIP Via pip.kemdikbud.go.id.

Tidak sedikit juga mesin yang meraung-raung karena komponen ban kurang tekanan angin. Angin dalam ban dapat berkurang karena sifat karet ban berpori sehingga tekanan perlu dicek secara rutin. 

6. Perhatikan Penggunaan AC yang Efektif

Sudahkah Anda menggunakan AC mobil dengan efektif? AC yang dinyalakan dengan cara salah bisa jadi faktor boros BBM paling besar. Tenaga mesin sebagian besar akan diarahkan pada mesin AC, akibatnya konsumsi bahan bakar pun lebih banyak. 

BACA JUGA:Pelajar SD, SMP dan SMA Dapat Rp 4,4 Juta, Cukup Pakai HP Daftar di cekbansos.kemensos.go.id

Anda harus tahu bagaimana cara penggunaan AC secara efektif. Pertama, ketika melewati jalan tanjakan sebaiknya hindari menggunakan AC. Sehingga mesin mobil lebih kuat untuk berjalan. Kedua, nyalakan AC ketika udara dalam mobil tidak terlalu panas. 

Menyalakan AC dalam kondisi kabin yang terlalu panas bukan cara menghemat BBM yang baik. Angin yang keluar dari AC justru akan terasa hangat dan kompresor akan bekerja berlebihan. Jadi pastikan ruangan kabin sedikit sejuk baru menyalakan AC. 

BACA JUGA:Sepeda Motor 250 CC Dilarang Gunakan BBM Pertalite, Mobil 1.400 CC, Ini Daftarnya

7. Rutin Membersihkan Filter Udara

Komponen filter udara turut memberikan dampak besar dalam penghematan BBM. Saringan udara ini berfungsi membuat udara yang masuk ke ruang pembakaran tetap bersih. Jika filter udara ini kotor maka mesin akan bekerja lebih berat.

Mesin yang bekerja berat tentu menyedot lebih banyak bahan bakar, padahal kecepatan laju kendaraan tidak terpengaruh.

BACA JUGA:INFO 2023! Ini Biaya Pembuatan BPKB dan STNK Baru untuk Motor dan Mobil

Oleh karena itu pada jangka waktu tertentu pastikan filter udara selalu dibersihkan atau ganti dengan yang baru jika sudah tak bisa bekerja dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: