Iklan dempo dalam berita

Siapkan Banyak Uang jika Ingin Menikah Dengan Cara Adat, Berikut 6 Adat Pernikahan yang Katanya Mahal

Siapkan Banyak Uang jika Ingin Menikah Dengan Cara Adat, Berikut 6 Adat Pernikahan yang Katanya Mahal

6 adat pernikahan yang katanya mahal--

Ini merupakan tradisi menyenangkan dalam rangka melepas masa lajang bagi anak daro, sehingga biasanya akan dilangsungkan dengan sangat meriah. 

Selain itu, ada juga arak-arakan penjemputan dan penyambutan calon mempelai pria ke rumah anak daro saat tibanya hari pernikahan. Dengan begitu, pernikahan adat Minang mampu menelan biaya fantastis hingga ratusan juta rupiah.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Ini Sederet Manfaat Air Beras Untuk Wajah, Bikin Wajah Kinclong Layaknya Habis Perawatan Mahal

Walaupun begitu adat ini tidak bisa dikatakan negatif karena dalam masyarakat minang posisi suami merupakan pendatang atau ketika menikah suami akan tinggal di rumah keluarga Istri dahulu sebelum mempunyai rumah sendiri. Oleh karena itu, diwujudkan ke dalam bentuk proses uang japuik.

Tradisi uang Japuik ini mengandung makna saling menghargai antara pihak perempuan dengan pihak laki-laki, dihargai dalam bentuk uang japuik. Lalu ada juga pendapat bahwa tujuan pihak wanita membeli pria di Pariaman ini untuk menghargai bahwa wanita punya derajat lebih, terhormat. 

Sebab, dalam adat Minang, perempuan tidak bisa atau tidak akan cukup dibeli dengan uang, maka perempuanlah yang membeli pria dengan uang.

2. Pernikahan Adat Nias

Ada yang unik dari tradisi pernikahan adat Nias yang merupakan salah satu suku terbesar di daerah Sumatera Utara ini. Mahalnya jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk melangsungkan pernikahan adat Nias bahkan sudah dapat dilihat sejak proses lamaran dimulai. 

BACA JUGA:3 Cara Menjaga Privasi di Kamar Hotel, Pastikan Tidak Ada CCTV Tersembunyi dan Cermin 2 Arah

Setiap calon mempelai laki-laki wajib menyiapkan minimum 25 ekor babi, sejumlah uang, hingga beras untuk memenuhi standar mahar unik ala Nias yang disebut dengan mahar bowo. 

Harga satu ekor babi bisa menyentuh lebih dari Rp1 juta. Jika ditotal, maka setidaknya calon mempelai pria perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp25 juta hanya untuk babinya saja. 

Besaran jumlah keseluruhan mahar bowo juga tergantung dari status sosial, tingkat pendidikan, dan kekayaan pihak perempuan. 

Pernikahan hanya akan terjadi apabila mahar yang ditetapkan telah diberi secara lengkap, mengingat kedudukan mahar bowo sudah menjadi syarat sah perkawinan bila mengacu kepada hukum adat Nias. Itulah sebabnya pernikahan adat Nias tergolong sangat mahal.

3. Pernikahan Adat Bugis

Prosesi pernikahan adat Bugis juga termasuk ke dalam pernikahan adat termahal di Indonesia. Suku Bugis menjadi satu kelompok etnis terbesar yang berasal dari tanah Sulawesi Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: