Iklan dempo dalam berita

Tetap Sehat dan Bugar di Usia Tua Hanya dengan Rutin Jalan Kaki, Ini Tips Melakukannya

Tetap Sehat dan Bugar di Usia Tua Hanya dengan Rutin Jalan Kaki, Ini Tips Melakukannya

Tetap Sehat dan Bugar di Usia Tua Hanya dengan Rutin Jalan Kaki, Ini Tips Melakukannya--

Ada pula keterkaitan antara frekuensi lansia berjalan kaki dengan kemungkinan bertambah panjang usianya. Berdasarkan penelitian Lee, MBBS, ScD dari Harvard Medical School, disebutkan bahwa lansia yang merutinkan 4.400 langkah setiap harinya memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan lansia wanita yang hanya menempuh langkah 2.700 per hari.

BACA JUGA:Manfaat Jalan Kaki Agar Panjang Umur, Berapa Langkah dalam Sehari? Ini Ulasannya

Berapa Jumlah Langkah Jalan Kaki untuk Orang Tua

Dari hasil meta-studi yang dipublikasikan di Journal American Cardiology, bukan 10.000 langkah per hari, setiap orang sudah bisa mendapatkan manfaat dari berjalan kaki 2.500-2.700 langkah per hari. Manfaat optimal untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kematian akibat penyakit di usia muda bisa berkurang dengan 7.000-9.000 langkah per hari. 

Meski tak sampai 10.000 langkah per hari, angka 7.000-9.000 langkah per hari tetap cukup tinggi bagi orang tua dan lansia. Apalagi, untuk mendapatkan manfaat bagi jantung, diperlukan berjalan kaki lebih cepat, yang mana sulit untuk orang berusia lanjut.

BACA JUGA:Turunkan Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Rahasianya, Bisa Turun 2,7 Kg Dalam Hitungan Minggu

Dr Jayne Morgan, Direktur dan ahli kardiologi di Piedmont Healthcare Corporation, Atlanta menyebutkan, selama ini jalan kaki dengan kecepatan tinggi diasosiasikan dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Namun, jalan kaki dengan langkah lebih pelan juga menunjukkan penurunan pada penyakit jantung. 

Dr Morgan yang tidak terlibat dalam meta-studi 2.500-2.700 langkah tersebut mengatakan, bagi orang tua dan lansia, 500 langkah dalam 1,25 mil (sekitar 2 km) lebih mudah dicapai dibandingkan 10.000 langkah dalam 5 mil. 

BACA JUGA:Turunkan Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Rahasianya, Bisa Turun 2,7 Kg Dalam Hitungan Minggu

Hal yang Harus Diperhatikan

Setelah mengetahui beberapa manfaat olahraga jalan kaki bagi lansia, berikutnya perlu diketahui hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memulai kebiasaan ini. Beberapa hal ini perlu dipersiapkan agar aktivitas olahraga yang dijalankan dapat menghasilkan manfaat yang optimal dan tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan rutinitas jalan kaki :

Berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanannya, terutama bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan tertentu. Pastikan keamanan dengan membawa barang-barang yang dibutuhkan, seperti botol air minum, sepatu yang nyaman, dan ponsel untuk alat komunikasi jika dibutuhkan. Beri tahu anggota keluarga lain atau teman ketika akan pergi berolahraga dan beri tahu pula berapa waktu yang dibutuhkan selama berolahraga. Kenakan sepatu yang nyaman dan gunakan kaus kaki berbahan katun yang anti lembap atau tidak terlalu panas. Berikan pijatan ringan pada otot belakang dan sisi tulang kering dan betis setiap hari setelah berolahraga. Hal ini untuk mengurangi efek cedera yang bisa didapatkan.

BACA JUGA:Cukup Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari, Dapatkan 10 Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Cara Melakukan Olahraga Jalan Kaki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: