Iklan dempo dalam berita

6 Tips Plus Doa ini Bikin Peluang Kamu untuk Lulus SNBP, Persiapkan Dari Sekarang

6 Tips Plus Doa ini Bikin Peluang Kamu untuk Lulus SNBP, Persiapkan Dari Sekarang

6 Tips dan Trik Lulus SNBP --

3. Memilih Kampus Berbeda.

Impian setiap individu adalah dapat menempuh pendidikan di kampus terbaik. Termasuk impian teman-teman Anda, saat mendaftar Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNBP), sering kali kita tidak menyadari bahwa banyak dari teman-teman kita juga memilih kampus yang sama.

Hal ini dapat mengurangi peluang kelulusan yang diinginkan. Apabila Anda ingin lulus dengan cepat, lebih baik mempertimbangkan untuk memilih kampus yang belum banyak pendaftarnya atau kampus yang hanya sedikit teman yang ikut mendaftar di sana.

BACA JUGA:Mau Jadi Pegawai PLN? Catat 8 Rekomendasi Jurusan Kuliah Ini Sangat Dibutuhkan, Gajinya Lumayan

4. Tidak Memilih Jurusan Yang Sama

Proses SNBP ini menggunakan sistem undangan, di mana persaingan dimulai dari sekolah kita sendiri bahkan dengan teman dekat kita. Memilih jurusan bukan hanya tentang apa yang kita kuasai atau sukai, tetapi juga tentang kuota dan jumlah pelamar. 

Sebagai contoh, jika di sekolah tertentu mayoritas peserta SNBP memilih jurusan kedokteran, maka peluang untuk lulus SNBP akan sangat kecil karena kita akan bersaing dengan peserta yang lebih pintar di sekolah tersebut. 

Oleh karena itu, pastikan untuk memilih jurusan yang paling sedikit dipilih, terutama di sekolah kalian. Hal ini akan memberikan peluang lebih besar untuk lulus. 

BACA JUGA:Ingin Kuliah Jurusan Akuntansi? Ini Rekomendasi Perguruan Tinggi Terbaik Jurusan Akuntansi

5. Memilih Jurusan Passing Grade Rendah

Tips berikutnya yang dapat anda coba adalah memilih jurusan passing grade rendah. Passing Grade adalah rata-rata standar dalam setiap jurusan yang ditentukan berdasarkan pilihan jurusan dan kampus tertentu. Sebagai contoh, jika Anda memilih jurusan kedokteran di kampus ternama, maka standar kelulusan yang diperlukan mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan program studi kedokteran di kampus biasa.

Hal yang serupa juga berlaku untuk jurusan lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih program studi dengan passing grade yang relatif rendah untuk mempermudah proses kelulusan Anda.

BACA JUGA:7 Universitas Berikut Ini Direkomendasikan Punya Fakultas dan Jurusan Bahasa Asing Terbaik

6. Memilih Jurusan Berdasarkan Nilai Rapot

Salah satu tips yang dapat membantu Anda untuk lulus adalah memeriksa nilai-nilai yang paling tinggi yang telah Anda peroleh selama ini. Sebagai contoh, jika nilai biologi Anda selalu cukup tinggi, disarankan untuk memilih jurusan dengan basis biologi seperti Pendidikan IPA, biologi, dan sebagainya. Pilihlah jurusan yang memiliki minat yang lebih sedikit serta passing grade yang lebih rendah. Jika tidak menemukan pilihan yang sesuai, Anda bisa mencari di kampus lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: