Iklan dempo dalam berita

Selain Hasilkan Kapas, Pohon Kapuk atau Daun Randu Rupanya Manjur Sembuhkan 7 Penyakit Ini

Selain Hasilkan Kapas, Pohon Kapuk atau Daun Randu Rupanya Manjur Sembuhkan 7 Penyakit Ini

Apa saja manfaat dari daun randu --

2. Mencegah Infeksi Dan Meredakan Radang

Luka yang terbuka dapat menyebabkan bakteri di sekitarnya untuk menginfeksi. Salah satu contohnya adalah luka bekas operasi yang lembap dan tidak rutin dibersihkan dapat menyebabkan infeksi. Dengan menggunakan daun randu yang mengandung quercetin, apigenin, dan catechin yang memiliki aktivitas antimikroba. 

Hal ini dapat membantu mencegah infeksi pada luka dan juga berpotensi menjadi obat alami yang mendukung penyembuhan luka anda dengan lebih cepat. Selain itu, ekstrak daun Ceiba pentandra juga memiliki aktivitas antiradang. Menurut beberapa penelitian ekstrak daun ini dapat menghambat perkembangan granuloma, yakni kelainan yang terjadi akibat peradangan.

BACA JUGA:Ragam Kebaikan Daun Pandan, Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Meredakan Nyeri Sendi Juga

3. Mengobati Konjungtivitis

Konjungtivitis atau mata merah dapat menyebabkan mata perih, gatal, berair, dan sensitif terhadap cahaya. Biasanya disebabkan oleh virus, tetapi juga bisa disebabkan oleh bakteri. Salah satu obat alternatif untuk mengatasi mata merah adalah dengan menggunakan ramuan air daun Ceiba pentandra. Air daun Ceiba pentandra mengandung senyawa antimikroba dan antiradang yang dapat meredakan pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan anda.

BACA JUGA:Bisa Tingkatkan Konsentrasi hingga Kesehatan Kulit, Ini Sederet Manfaat Daun Kucai

4. Daun Randu untuk Demam

Salah satu manfaat daun randu adalah dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi demam. Menurut beberapa sumber, sirup yang terbuat dari ekstrak daun randu memiliki efek antipiretik (penurun panas) pada hewan uji mencit putih. Tanaman randu mengandung berbagai senyawa kimia seperti gula pereduksi, saponin, poliuronoid, polifenol, tanin, plobatanin, damar yang pahit, hidrat arang, flavonoid, fenol, alkaloid, dan hemaglutinin. Flavonoid yang terkandung dalam daun randu memiliki beragam aktivitas biologis, termasuk efek antipiretik yang berpotensi membantu mengatasi demam.

BACA JUGA:Agnez Mo Saja Suka dengan Daun Ini, Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah

5. Menghilangkan Bekas Luka

Khasiat lain dari daun randu adalah untuk mempercepat penyembuhan luka dan menghilangkan bekasnya. Anda bisa mengahaluskan daun ini kemudian menggunakannya sebagai obat luar untuk luka pada kulit anda.

6. Mengatasi Diare

Daun randu juga dijadikan obat untuk mengatasi diare. Daun ini mampu menjadi anti bakteri yang ampuh untuk melawan bakteri yang menyebabkan penyakit diare pada pencernaan Anda, sehingga anda dapat mengatasi permasalahan diare.

BACA JUGA:Tidak Hanya Sayuran Biasa, Manfaat Daun Pepaya Bisa Menghilangkan Uban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: