Iklan dempo dalam berita

Baru Tahu, Ternyata Ada 3 Manfaat dan Kegunaan Daun Randu atau Pohon Kapuk untuk Wanita

Baru Tahu, Ternyata Ada 3 Manfaat dan Kegunaan Daun Randu atau Pohon Kapuk untuk Wanita

Apa saja manfaat dari daun randu --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pohon randu, dikenal juga dengan nama kapok atau ceiba pentandra, merupakan salah satu spesies pohon yang tergolong dalam keluarga kapaseae. Pohon yang memiliki batang besar ini mampu tumbuh tinggi hingga puluhan meter. 

BACA JUGA:Tidak hanya Rempah Masakan, Daun Salam Memiliki Banyak Manfaat, Diantaranya Mengurangi Risiko Diabetes

Nah, tahukan kamu bahwa daunnya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan khususnya untuk para wanita loh. Daun randu yang memiliki bentuk kecil, dengan bunganya berwarna putih atau krem ini sering dijadiakan sebagai bahan baku pembuatan bantal.

Namun, tanaman ini juga memiliki keistimewa pada daunnya yang mampu mengobati berbagai macam penyakit dan memiliki manfaat untuk kesehatan, lalu apa saja manfaat dari daun randu ini? dalam artikel ini kita akan membahasa tentang apa saja manfaat dari daun randu untuk Kesehatan.

BACA JUGA:Selain Hasilkan Kapas, Pohon Kapuk atau Daun Randu Rupanya Manjur Sembuhkan 7 Penyakit Ini

Kandungan Daun Randu

Daun randu berasal dari pohon kapuk yang biasanya menghasilkan kapuk untuk bahan utama bantal. Ini adalah pohon yang sangat spesial dengan nama latin Ceiba pentandra. Pohon ini tumbuh indah di daerah yang selalu diguyur hujan, sehingga kita sering menemui pohon randu di sepanjang jalan. 

Di Indonesia, buah dari pohon kapuk randu ini sering digunakan untuk membuat batal, kasur, dan matras. Bijinya yang mengandung minyak juga dapat digunakan sebagai bahan pelumas dan minyak lampu.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Air Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi

Selain itu, daun randu ini juga memiliki manfaat sebagai obat alami karena mengandung zat fitokimia seperti saponin, flavonoid, dan alkaloid yang berperan sebagai antioksidan yang memiliki banyak manfaat dalam untuk kesehatan.

1. Bagus untuk Kesehatan Rambut dan Menjaga Rambut tetap Hitam

Salah satu manfaat utama dari daun randu adalah sebagai obat alami yang menyehatkan dan menyuburkan rambut Anda. Daun pohon randu ini mengandung berbagai senyawa yang sangat bermanfaat seperti flavonoid, fenol, alkaloid, tanin, saponin, phytate, oxalate, trypsin inhibitor, dan hemagglutinin. 

Beberapa sumber menyebutkan bahwa shampo herbal yang mengandung ekstrak daun randu dan biji pepaya dapat membantu menghitamkan rambut, menyegarkan kulit kepala, dan melembutkan rambut. 

Minyak dari ekstrat biji randu juga dapat digunakan untuk membantu anda dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Dalam penggunaan tradisional, sari daun randu yang masih muda sering digosokkan langsung ke kulit kepala dan dipijat untuk membantu pertumbuhan rambut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: