Iklan dempo dalam berita

Ternyata Bukan Orang Biasa, Ini Fakta Menarik Ning Nila Istri Gus Iqdam

Ternyata Bukan Orang Biasa, Ini Fakta Menarik Ning Nila Istri Gus Iqdam

Profil Ning Nila, istri Gus Iqdam--

2. Penghafal Al-Qur'an 30 Juz: Ning Nila bukan hanya hafal beberapa surah atau juz, melainkan seluruh 30 juz Al-Qur'an. Keahliannya dalam menghafal Al-Qur'an menjadi inspirasi bagi banyak orang, termasuk suaminya, Gus Iqdam.

BACA JUGA:Siap-siap Harga Rokok per 1 Januari 2024 Bakal Naik, Ini Daftarnya

3. Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri: Ning Nila menghabiskan masa belajarnya di Pesantren Lirboyo Kediri. Fokusnya pada pendidikan Islam dan hafalan Al-Qur'an, termasuk menghafal 30 juz di lingkungan pesantren tersebut.

4. Alumni MA Al Mahrusiyah Lirboyo: Ning Nila juga merupakan alumni Madrasah Aliyah (MA) Al Mahrusiyah Pesantren Lirboyo Kediri. MA ini diasuh oleh KH Reza Ahmad Zahid, yang merupakan putra dari KH Imam Yahya Mahrus, cucu dari KH Mahrus Aly.

5. Ayahnya Seorang Kiai: Ayah Ning Nila adalah KH Thoha Widodo Zaini Munawwir, salah satu pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Beliau adalah putra dari KH Zaini Munawwir, seorang tokoh ulama dan pendiri pondok pesantren tersebut.

BACA JUGA:Gajinya Menggiurkan, Ini Tugas Ringan Mitra Pendataan dan Pengolahan BPS untuk Kegiatan Sensus dan Survei 2024

6. Cucu Waliyullah KH Abdul Karim: Ning Nila memiliki kehormatan sebagai cucu dari waliyullah KH Abdul Karim, pendiri Pesantren Lirboyo Kediri. KH Abdul Karim dikenal sebagai ulama besar di Indonesia dengan karomah-karomahnya dan semangat tinggi dalam mengaji.

7. Sejarah Pesantren Lirboyo: Ning Nila memiliki keterkaitan dengan sejarah Pesantren Lirboyo, yang didirikan pada tahun 1910 oleh KH Abdul Karim. Pesantren ini menjadi pusat santri mengaji dan berperan dalam peristiwa-peristiwa kemerdekaan Republik Indonesia.

8. Pendidikan dari Ulama Besar: KH Abdul Karim Lirboyo mengaji kepada Syaikhona Kholil di Bangkalan, Madura, dan kepada KH Hasyim Asy'ari di Tebuireng, Jombang. Kedua ulama besar tersebut memberikan pengaruh besar dalam pembentukan spiritualitasnya.

BACA JUGA:Gaji Mitra Statistik BPS 2024 Bisa Tembus Rp10 Juta dengan Kontrak 1 tahun, Berikut Syaratnya

9. Pernikahan di Pesantren Lirboyo Kediri (24 Februari 2021): Ning Nila dan Gus Iqdam menyatukan ikatan suci dalam pernikahan pada 24 Februari 2021 di Pesantren Lirboyo Kediri. Prosesi akad nikah dilaksanakan di Masjid Lawang Songo Pesantren Lirboyo dengan KH Anwar Mansur Lirboyo sebagai pemberi akad nikah. 

Ucapan selamat atas pernikahan mereka disampaikan oleh akun resmi Facebook Serambi Lirboyo pada 25 Februari 2021, diharapkan agar pernikahan tersebut diberkahi dan dijadikan keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah, dan barokah.

10. Anak Pertama Bernama Ahmad Novel Zubaidi Al Munawwir (Gus Novel): Pernikahan Gus Iqdam dan Ning Nila diberkahi dengan kelahiran seorang putra yang diberi nama Ahmad Novel Zubaidi Al Munawwir, atau akrab disapa Gus Novel. Nama "Munawwir" mungkin berasal dari leluhur Ning Nila, yakni KH Munawwir Krapyak Yogyakarta, seorang ulama ahli Al-Qur'an. 

BACA JUGA:Jadi Mitra Statistik BPS 2024? Yuk Pahami Aturan Kerjanya di Sini

Sementara nama "Zubaidi" dinisbatkan dengan kakek Gus Iqdam, yaitu KH Zubaidi Abdul Ghofur, pendiri Pesantren Mambaul Hikam Blitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: