Iklan dempo dalam berita

BREAKING NEWS, Pasar D1 Giri Kencana di Ketahun Terbakar

BREAKING NEWS, Pasar D1 Giri Kencana di Ketahun Terbakar

Pasar D1 Giri Kencana Bengkulu Utara terbakar--

2. Satu Jalur Rame-rame

Disebabkan oleh banyaknya beban yang ditanggung suatu jalur listrik. Makanya kita tidak disarankan untuk menghubungkan banyak perangkat elektronik ke sebuah stop kontak dengan menggunakan banyak terminal. Hal ini menyebabkan media penghantar listrik menjadi lebih cepat panas.

Selain itu, penggunaan kabel serabut juga tidak disarankan. Lebih baik menggunakan kabel tunggal karena daya tahannya akan panas lebih kuat. Walaupun lebih kuat, menurut standar, kabel-kabel tersebut harus kembali diremajakan dalam 15 tahun penggunaan.

3. Kelalaian Manusia

Penyebab yang ketiga, disebabkan oleh kelalaian manusia seperti lupa mematikan kompor, membuang puntung rokok (yang masih menyala) sembarangan, dan lain-lain. Dulu, kost saya pernah penuh dengan asap, ternyata ada orang yang membuang puntung rokok di tempat sampah yang notabene isinya sebagian besar kertas-kertas, bungkus mie instan, dan…. tisu.

BACA JUGA:3 Warga Lebong Tewas saat Menguras Air Sumur, Orang Tua Korban Bertaruh Nyawa Demi sang Anak

Trend kompor meleduk juga perlu diperhitungkan, kasus ini paling sering terjadi karena penggunaan tabung gas 3 Kg, walaupun semua tabung tersebut sudah melewati quality control dari pihak produsen, banyak diantara kita yang tidak memahami pemasangan tabung terrsebut dengan benar.

Jadi, jika ditinjau secara umum, point diatas bisa menjadi penyebab utama maraknya kasus kebakaran di pasar. Kenapa pasar? Kenapa bukan perumahan, gedung, atau apartemen? Mari kita review kembali:

Di pasar, jika penjual ingin menambah jalur listrik untuk kebutuhan lampu, pemanas air, dan sebagainya, mereka melakukan penyambungan kabel secara mandiri. Penyambungan kabel yang baik adalah dengan cara menggulung kedua kabel seperti ekor babi, kemudian diisolasi dengan baik. Jika tidak, hal ini bisa menyebabkan korsleting listrik.

BACA JUGA:Tanpa Disadari, Ternyata 9 Kebiasaan Ini Adalah Tanda-Tanda Orang Kesepian, Kamu Termasuk Tidak

Silakan kamu perhatikan beberapa kios pasar yang memiliki sambungan kabel, sudahkah mereka melakukannya dengan benar?

Beban yang tidak sesuai, ataupun penggunaan peralatan listrik yang tidak sesuai SNI. Seperti kabel 1,5 mm maksimal 4 ampere per 900 W, 4 mm maksimal 16 ampere per 3500 W dan seterusnya.

Apakah penggunaan yang dilakukan sudah sesuai standar?

Penumpukan beban. Banyak dari kita yang lebih memilih menumpuk perangkat elektronik ke sebuah stop kontak. Apalagi jika kabel yang digunakan adalah kabel serabut, bukan kabel tunggal.

Bagaimana dengan yang ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: