Iklan dempo dalam berita

Punya Desain Stylish, Akankah New Honda Genio 2024 Bermesin SOHC eSP Teknologi ISS, Bisa Berjaya?

Punya Desain Stylish, Akankah New Honda Genio 2024 Bermesin SOHC eSP Teknologi ISS, Bisa Berjaya?

New Honda Genio 2024 akankah laris manis di pasaran--

Mesin SOHC secara harfiah berarti poros nok bambu tunggal. SOHC sendiri merupakan tipe konfigurasi katup pada mesin pembakaran dalam yang umum dijumpai dalam kendaraan. Mesin dengan desain SOHC memiliki karakteristik khusus yang memengaruhi performa, efisiensi, dan biaya produksi.

SOHC mengacu pada desain mesin di mana satu poros engkol (crankshaft) mengendalikan satu poros nok (camshaft) yang terletak di atas kepala silinder.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Oli 10W 40 untuk Mobil Toyota Kijang Innova Diesel Mesin 2KD

Poros nok ini berputar seiring dengan putaran poros engkol dan mengendalikan buka dan tutup katup mesin menggunakan tuas pengikut atau rocker arm. Dengan cara ini, nok tunggal ini mengontrol katup masuk dan buang dalam mesin motor.

Keuntungan utama dari mesin SOHC adalah kesederhanaan dan biaya produksi yang lebih rendah. Dengan hanya menggunakan satu poros nok untuk mengendalikan katup, desain mesin menjadi lebih sederhana di bandingkan dengan mesin DOHC di mana terdapat dua poros nok untuk mengendalikan katup.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Ganti Oli Motor Berapa KM? Ini Jawabannya

Selain itu, mesin SOHC juga cenderung lebih ringan dan lebih kompak. Meskipun begitu, dengan perkembangan teknologi yang lebih modern.

Banyak produsen mesin telah mengembangkan mesin SOHC yang mampu memberikan performa yang maksimal dengan teknologi yang di sempurnakan. Seperti penggunaan variabel valve timing (VVT) atau penggunaan multiple valve per cylinder.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Ini Risiko Menggunakan Kompresor Angin Saat Ganti Oli

Selanjutnya kembali pada spesifikasi mesin New Genio, dengan ACG starter dan fitur ISS (Idling Stop System), mesin ini tidak hanya responsif namun juga sangat efisien, menawarkan konsumsi bahan bakar mencapai 59,1 km/liter dengan fitur ISS aktif.

Teknologi Idling Stop System adalah suatu sistem pada kendaraan yang berguna untuk mematikan mesin secara otomatis saat berhenti sejenak atau saat berhenti di lampu merah. Kelebihan dari ISS ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar dan menurunkan emisi gas buang kendaraan. Sehingga kinerja mesin akan lebih efisien, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Begini Cara Bersihkan Filter Udara di Rumah Biar Motor Ngacir

ISS atau Idling Stop System bekerja dengan didukung berbagai komponen dan sensor pada sepeda moto. Untuk komponen non-sensor yang membantu dalam kerja adalah idling stop switch, stand-by indicator, dan engine control module (ECM).

Sedangkan untuk sensor injeksi didukung oleh ECT sensor (Engine Coolant Temp), VS sensor (Vehicle Speed), dan TP sensor (Throttle Position). Sehingga apabila salah satu komponen tersebut bermasalah atau rusak dapat mempengaruhi kerja ISS.

BACA JUGA:Ini Anjuran Spesifikasi Oli untuk Motor Matic Beat Lawas, Jangan Salah Beli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: