Iklan dempo dalam berita

Praktis dan Efektif, 5 Cara Mengamankan Kontak Hp Dari Pinjaman Online yang Meresahkan

Praktis dan Efektif, 5 Cara Mengamankan Kontak Hp Dari Pinjaman Online yang Meresahkan

5 Cara Mengamankan Kontak Hp Dari Pinjaman Online yang Meresahkan--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Anda perlu berhati-hati ketika mengambil pinjaman dan memastikan untuk melindungi kontak HP dari pinjaman online, dengan mengetahui cara mengamankan kontak Hp dari pinjol.

Jika Anda mengalami kesulitan keuangan dan tidak dapat membayar angsuran secara tepat waktu, Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi debt collector dari pinjaman online. 

BACA JUGA:6 Rekomendasi Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor 12 Bulan, Aman dan Resmi OJK

Biasanya, para debt collector akan menggunakan metode penagihan dengan menelepon setiap nomor kontak yang tercantum di ponsel Anda, bukan hanya kontak darurat.

Nah, bagaimana cara melindungi kontak HP Anda dari pinjaman online yang tidak resmi? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda melindungi data pribadi Anda dari penyalahgunaan pinjaman online.

BACA JUGA:Ini 7 Cara Menghapus Data Kontak Dari Pinjaman Online, Mudah dan Dijamin Aman

1. Non-aktifkan Perizinan Aplikasi

Biasanya saat menginstall aplikasi pinjaman online, smartphone akan memberi perintah untuk mengaktifkan sebuah aplikasi. Pada proses tersebut sebaiknya dibiarkan saja nonaktif, tapi yang sudah terlanjur aktif sebaiknya dirubah menjadi nonaktif. Umumnya data yang dilihat atau diambil oleh aplikasi pinjaman online adalah data kontak. Jika sudah diambil maka kemanapun Anda pergi akan tetap ketahuan oleh penyedia pinjaman online.

2. Melalui Menu Setting Pada Smartphone

Langkah-langkah mengamankan data dari pinjaman online secara manual dengan cara masuk ke dalam menu pengaturan Hp. Pertama, silahkan Anda Buka pengaturan atau setting pada smartphone, Pilih fitur aplikasi dan carilah aplikasi pinjaman online yang sudah Anda install. Pada perizinan aplikasi tersebut, terdapat beberapa daftar pilihan seperti kalender, kamera, kontak, penyimpanan. Ubah posisi perizinan menjadi nonaktifkan seperti yang tertera pada gambar di atas.

BACA JUGA:8 Pinjaman Online OJK Bunga Rendah Tenor Panjang, Bisa Sampai 2 Tahun

Tujuan diubah menjadi non aktif supaya aplikasi tersebut tidak bisa mengakses data seperti kontak hingga lokasi Anda. Meskipun sudah non aktif tapi aplikasi pinjol masih bisa digunakan. Kendati demikian bukan berarti Anda bebas dari masalah penagihan hutang. Anda harus tetap melunasinya karena Anda lah yang meminta pengajuan hutang.

3. Menambah Daftar Kontak

Cara mengamankan kontak dari pinjaman online yang selanjutnya adalah dengan menambah daftar kontak baru dengan kontak palsu sebanyak mungkin. Anda bisa mengisi kontak kurang lebih sebanyak 100 nomor. Fungsi dari pemalsuan nomor kontak ini bertujuan untuk pengalihan ketika Anda dihubungi melalui daftar kontak yang ada di dalam handphone Anda. Karena jika tidak bisa membayar angsuran, penagih hutang akan mulai menghubungi kontak kerabat, saudara atau teman Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: