Iklan dempo dalam berita

Lakukan Ini agar Puasa Anti Lemas, Simak juga Menu Sehat Santap Sahur

Lakukan Ini agar Puasa Anti Lemas, Simak juga Menu Sehat Santap Sahur

Ilustrasi. Ada beberapa yang bisa dilakukan agar tidak lemas saat menjalani ibadah puasa--

BACA JUGA:Niat Puasa Ramadhan Cukup Sekali saja atau Setiap Makan Sahur?

Hindari konsumsi kopi, teh, atau soda yang diketahui memiliki efek diuretik, yang justru bisa meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi. Sebagai gantinya, kamu bisa minum jus buah tanpa gula sebagai alternatif minuman sehat dan rendah kalori.

4. Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga saat puasa yang dilakukan dengan benar bisa membuat otot-otot tubuh lebih kuat dan membantumu lebih berenergi menjalani aktivitas sehari-hari.

Saat puasa, kamu bisa pilih jenis olahraga yang intensitasnya rendah, seperti jalan kaki, bersepeda santai, atau yoga. Lakukan dengan rutin selama 30 menit sehari, 3–5 kali seminggu.

5. Pertimbangkan konsumsi suplemen

Untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian dan mencegah tubuh lemas selama puasa, kamu bisa pertimbangkan konsumsi suplemen. Diskusikan dengan dokter mengenai pilihan suplemen yang cocok dan dapat membuat tubuhmu berenergi.

BACA JUGA:Lowongan Pekerjaan di Dua Bank Pemerintah, Syarat IPK Minimal 2,50

Beberapa jenis vitamin yang bisa diresepkan dokter untuk membuat tubuh menjadi tidak mudah lemas saat puasa adalah vitamin D, vitamin B12, zat besi, dan kalsium. Suplemen kombinasi vitamin C dan zinc juga dapat Anda pertimbangkan sebagai salah satu solusinya.

Sementara itu cara lain untuk menghindari lemas ini, perhatikan menu sahur. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menu sahur yang sehat.

1. Karbohidrat kompleks

Mengindari pasokan energi saat puasa tidak cepat hilang, menu sahur sehat sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks akan dilepaskan secara perlahan oleh tubuh untuk dicerna. Dengan kata lain, tubuh akan merasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

BACA JUGA:Daftar Lowongan Pekerjaan untuk Lulusan SMA, Gaji hingga Rp 10 Juta per Bulan

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat jenis ini antara lain oat, gandum utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, polong-polongan, dan sayuran.

2. Serat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: