Iklan dempo dalam berita

Penjelasan Sedekah Dalam Islam, Cek Juga Jenis-jenis dan Keutamaan Sedekah di Sini

Penjelasan Sedekah Dalam Islam, Cek Juga Jenis-jenis dan  Keutamaan Sedekah di Sini

Jenis-jenis dan Keutamaan Sedekah di Sini--

BACA JUGA:Apakah Sebelum Sholat Idul Fitri Wajib Sarapan? Simak Penjelasannya di Sini

Berikut adalah penjelasan mengenai keutamaan dan lima keajaiban bersedekah yang dapat membawa kebahagiaan dalam kehidupan

1. Pasti Diganti dan Dibalas oleh Allah

Salah satu keajaiban dari bersedekah adalah janji Allah untuk mengganti dan membalasnya. Dalam surat Saba’ ayat 39, Allah berfirman bahwa apapun yang kita nafkahkan, pasti akan diganti oleh-Nya, baik dalam kehidupan dunia maupun di akhirat.

BACA JUGA:Pahami Niat dan Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Sholat Idul Fitri

2. Tidak Mengurangi Harta

Rasulullah SAW menegaskan bahwa bersedekah tidak akan mengurangi harta seseorang. Ini merupakan janji yang tidak pernah diingkari oleh Rasulullah, 

“Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim). 

BACA JUGA:Berikut Contoh Khutbah Sholat Idul Fitri Penuh Hikmah agar Saling Memaafkan

Mengapa sedekah tidak akan mengurangi harta? Karena meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang, namun kekurangan tersebut akan ditutup dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak. 

Hal ini merupakan janji Allah yang termaktub dalam surat Saba “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

BACA JUGA:Keutamaan Membaca Takbir saat Idul Fitri, Salah Satunya Dapat Mendatangkan Banyak Pahala dan Rezeki

3. Menjadi Obat bagi Orang yang Sakit

Bersedekah memiliki kekuatan untuk menjadi obat bagi orang yang sakit. Dalam sebuah hadis yang terdapat dalam kitab Marasil Abi Daud No. 105, Rasulullah menganjurkan untuk mengobati orang sakit dengan sedekah. Meskipun sakit adalah bagian dari takdir Allah, bersedekah merupakan salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan untuk mencapai kesembuhan.

BACA JUGA:Bagian Budaya Indonesia, Begini Cara Sungkem Lebaran yang Benar dan Hukumnya Menurut Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: