Iklan dempo dalam berita

Serangan Rudal Iran ke Israel Picu Perang Dunia ke 3? Ini Penjelasannya

Serangan Rudal Iran ke Israel Picu Perang Dunia ke 3? Ini Penjelasannya

Serangan Rudal Iran ke Israel Picu Perang Dunia ke 3? Ini Penjelasannya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Serangan rudal Iran ke Israel picu perang dunia ke 3? ini penjelasannya.

Iran melancarkan serangan rudal dan pesawat tak berawak ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam. Serangan ini meningkatkan ketegangan kedua negara yang sebelumnya sudah tinggi akibat konflik di Gaza.

BACA JUGA:Bikin Nyali Israel Ciut, Intip Kekuatan Militer Iran yang Punya 580.000 Personel Angkatan Bersenjata Aktif

Mengapa Iran menyerang Israel?

Dilansir dari The Washington Post, Minggu (14/4/2024), serangan itu merupakan pembalasan atas serangan Israel pada awal April 2024 terhadap gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah, yang menewaskan anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk komandan senior Mohammad Reza Zahedi dan Mohammad Hadi Haj Rahimi.

Israel telah melakukan serangan di Suriah terhadap Iran dan sekutunya selama bertahun-tahun dan selama enam bulan kampanye militernya melawan Hamas di Gaza. 

Namun, serangan pada 1 April 2024 sangat menonjol karena lokasinya berada di kompleks diplomatik.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, berjanji akan membalas serangan tersebut. Sekjen PBB António Guterres juga mengutuk serangan tersebut karena alasan tempat diplomatik dan konsuler tidak dapat diganggu gugat.

BACA JUGA:Ini Pemicu Iran Luncurkan Lebih dari 300 Drone dan Rudal ke Israel

Dalam serangan Iran ke Israel, lebih dari 300 drone, rudal jelajah, dan rudal balistik diluncurkan oleh Iran. Juru bicara militer Israel mengeklaim 99% dari drone dan rudal tersebut berhasil dicegat.

Serangan Rudal Iran ke Israel Picu Perang Dunia ke 3?

Direktur Crisis Research Institute di Universitas Oxford, Mark Almond, mengemukakan potensi terjadinya konflik besar yang disebut Perang Dunia III jika situasi antara Israel dan Iran semakin memanas. Dia juga menyoroti pertimbangan-pertimbangan terkait kemungkinan terjadinya perang terbuka akibat serangan Iran terhadap Israel.

BACA JUGA:Iran Rudal Israel, Adu Kekuatan Militer Iran dengan Israel, Mana yang Lebih Mengerikan?

“Beberapa pengamat Barat berpikir Iran akan membatasi diri pada serangan balasan terhadap kedutaan Israel (sebagai balasan serangan konsulat Iran di Siria) di suatu tempat atau melancarkan serangan dunia maya,” kata Mark Almond seperti dikutip dari Mirror pada Minggu, 14 April 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: