Iklan dempo dalam berita

Apa saja Amalan Sebelum Berhubungan Suami Istri, Apakah Ada Batasannya?

Apa saja Amalan Sebelum Berhubungan Suami Istri, Apakah Ada Batasannya?

Amalan sebelum berhubungan suami istri--

BACA JUGA:Kesatria Pelopor Pendidikan Perempuan! Ini Kisah Ibu Kartini Melawan Tradisi Poligami

2. Membersihkan badan sebelum hubungan suami istri

Sebelum berhubungan suami istri, disunahkan untuk membersihkan badan dengan mandi dan bersikat gigi sehingga memberikan kesegaran saat jimak. Apabila hendak melakukan hubungan jimak untuk kedua kali, juga dianjurkan membersihkan diri terlebih dahulu.

Dalam sebuah hadits, Abu Rofi Ra. berkata sebagai berikut:

“Nabi Saw. pada suatu hari pernah menggilir istri-istri beliau, beliau mandi tiap kali selesai berhubungan bersama ini dan ini. Aku bertanya, 'Ya Rasulullah, bukankah lebih baik engkau cukup sekali mandi saja?' Beliau menjawab, 'Seperti ini lebih suci dan lebih baik serta lebih bersih,” (HR. Abu Daud nomor 219 dan Ahmad 6/8. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

BACA JUGA:Di BPJS Ketenagakerjaan Kamu Bisa Pinjam Uang Hingga Rp 500 Juta dengan Mudah, Begini Caranya

3. Memakai wangi-wangian sebelum berhubungan suami istri

Disunahkan bagi istri dan suami untuk memakai wangi-wangian sebelum jimak sehingga meningkatkan gairah. Dalam hadis yang diriwayatkan dari Ibrahim bin Muhammad bin al-Muntasyir yang bertanya kepada Aisyah tentang pandangan Ibnu Umar sebagai berikut:

“Saya tidak suka pakai minyak wangi sampai membekas di baju kemudian saya ihram,” ujar Ibnu Umar memberi saran pada Ibrahim'. Karena merasa bingung atas pernyataan Ibnu Umar, Ibrahim lantas bertanya, 'Bagaimana menurut Anda pernyataan Ibnu Umar, Sayyidatina Aisyah?'

'Apa alasan Ibnu Umar berkata demikian? Padahal saya selalu memakaikan minyak wangi setiap kali Rasulullah SAW hendak menggilir istri-istrinya. Di pagi hari, sisa bau wangi di baju nabi masih tercium dan beliau langsung melakukan ihram,' begitu jawab Aisyah." (HR. Bukhari).

Selain itu, disarankan untuk berpakaian dan berdandan seperti yang disukai suami dan istri sebelum jimak.

BACA JUGA:Tempat Bersejarah Kehidupan Ibu Kartini, Sekarang Dijadikan Tempat Wisata

4. Salat sunah 2 rakaat

Sebelum berhubungan, suami dan istri disunahkan untuk mendirikan salat 2 rakaat sebagaimana hadis berikut:

"Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: "Aku memberi nasihat kepada seorang pria yang hendak menikahi pemudi yang masih gadis, karena ia takut istrinya akan membencinya jika ia mendatanginya, yaitu perintahkanlah (diajak) agar ia melaksanakan salat 2 rakaat di belakangmu dan berdoa: Ya Allah berkahilah aku dan keluargaku dan berkahilah mereka untukku. Ya Allah satukanlah kami sebagaimana telah engkau satukan kami karena kebaikan dan pisahkanlah kami jika Engkau pisahkan untuk satu kebaikan," (HR. Ibnu Abi Syaibah dan Thabrani dengan sanad sahih).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: