Iklan dempo dalam berita

Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia, Ini Daftar 10 Tempatnya, Adakah di Daerahmu?

Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia, Ini Daftar 10 Tempatnya, Adakah di Daerahmu?

Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia--

BACA JUGA:Cerita Rakyat Tentang Penjaga Gaib Harta Karun Kerajaan Bali dan Kisah Tentang Danau Batur

Kemudian, sejak 1922, Hindia Belanda secara resmi mendirikan Kilang minyak Balikpapan dan mulai melakukan produksi minyak.

Sejak kali pertama berdiri, kilang minyak Balikpapan telah mengalami beberapa kali perbaikan. Hal ini tentu saja terus dilakukan guna meningkatkan margin dan kapasitas produksi dari kilang minyak. 

Beberapa produk dari kilang minyak Balikpapan juga telah disesuaikan dengan Service Level Agreement (SLA), mulai dari berbagai jenis produk BBM seperti Premium, Solar, Pertadex, dan Pertamax. Tidak hanya itu, produk non BBM juga telah sesuai SLA, yaitu seperti Smooth Fluid 05 dan LPG.

BACA JUGA:Misteri Lokasi Penyimpanan Harta Karun Kerajaan Sriwijaya, Dimana Kira-kira?

3. Musi, Sumatra Selatan

Daerah penghasil minyak di Indonesia yang ketiga adalah kilang minyak Plaju atau dikenal dengan istilah Refinery Unit III Plaju. 

Kilang minyak ini terletak di tepi Sungai Musi, Jalan Beringin I, Plaju, Kota Palembang, Sumatra Selatan. Kilang minyak Plaju ini bisa dikatakan sebagai kilang minyak tertua yang ada di Indonesia.

Kilang minyak Plaju sendiri memiliki dua lokasi kilang yang telah berdiri sebelum negara Indonesia merdeka. 

BACA JUGA:Misteri Keberadaan Harta Karun Kerajaan Majapahit yang Hilang, Apakah Hilang Dicuri?

Kilang minyak Plaju kali pertama didirikan oleh Shell dari Belanda pada 1904. Tak lama berselang, pada 1926, Stanvac asal Amerika Serikat berhasil mendirikan Kilang minyak Gerong. 

Sekarang, dua kilang minyak tersebut digabung menjadi Kilang minyak Plaju yang beroperasi di bawah pengelolaan Pertamina.

BACA JUGA:Punya Warisan Harta Karun, 5 Shio Ini Bakal Kaya Raya di Usia Tua

Saat ini, Kilang minyak Plaju telah memiliki kapasitas produksi hingga mencapai 127.300 barel minyak per hari. 

Salah satu kegiatan utama dari kilang minyak ini adalah melakukan pengolahan minyak mentah. Selain itu, Kilang minyak Plaju juga mampu mengolah intermediate product hingga menjadi produk jadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: