Iklan dempo dalam berita

7 Khasiat Daun Pandan dan Madu Ini Punya Potensi Basmi dan Cegah Penyakit Kronis

7 Khasiat Daun Pandan dan Madu Ini Punya Potensi Basmi dan Cegah Penyakit Kronis

7 Khasiat Daun Pandan dan Madu--

Alkaloid merupakan senyawa yang terdapat pada daun pandan yang berfungsi sebagai faktor pertumbuhan dan cadangan makanan bagi tumbuhan tersebut. Saponin berfungsi sebagai obat luar dalam arti, tidak dikonsumsi sebagai pembersih.

BACA JUGA:Hipertensi Picu Stroke hingga Kematian, Coba Konsumsi Air Rebusan Daun Ini untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Flavoida merupakan senyawa alami yang banyak terdapat pada buah-buahan segar dan memiliki warna yang cerah. Flavoida memiliki fungsi untuk mencegah radikal bebas dengan antioksidan yang dimilikinya. 

Tanin dalam dunia kesehatan memiliki fungsi yang sangat penting di antaranya adalah untuk menawarkan racun dan mengandung zat pencegah bakteri jahat.

Polifenol berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daun pandan bisa diolah untuk minyak urut yang ampuh meredakan rematik dan asam urat.

BACA JUGA:4 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Salam dan Serai, Bantu Obati Penyakit Ini

7. Menurunkan Risiko Depresi 

Salah satu cara yang paling efektif meredakan stres ialah mengonsumsi ekstrak daun pandan. Pasalnya, kandungan daun pandan memiliki efek penenang yang mampu mengurangi kecemasan dan stres. Sehingga mengonsumsi secara teratur ekstrak daun bisa secara efektif mencegah gangguan depresi. 

BACA JUGA:Diyakini Ampuh, Bagi Penderita Hipertensi, Begini Caranya Merebus Daun Salam Sebagai Obat

Namun, meski menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang menggiurkan, tapi sahabat Camkoha juga harus tetap mengonsumsi daun pandan secara bijak.

Karena kalau terlalu sering mengonsumsinya, maka jangan heran kalau beberapa efek samping di bawah ini akan kita alami.

BACA JUGA:Agar dapat Manfaatnya, Ini Durasi yang Benar Merebus Daun Salam Anjuran BPOM

Berikut beberapa bahaya konsumsi daun pandan terlalu sering yang perlu kita perhatikan:

1. Memengaruhi ginjal

Melansir dari beberapa sumber, daun pandan relatif aman dan tidak menimbulkan efek samping kalau dikonsumsi dalam dosis sedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: