Iklan dempo dalam berita

5 Raja Tambang di Indonesia yang Mampu Kelola Harta Karun Nusantara, Nomor 4 Kakak Menteri

5 Raja Tambang di Indonesia yang Mampu Kelola Harta Karun Nusantara, Nomor 4 Kakak Menteri

5 Raja Tambang di Indonesia yang Mampu Kelola Harta Karun Nusantara--

Low Tuck Kwong memiliki kekayaan mencapai US$ 27,2 miliar atau sekitar Rp 422,79 triliun. Dengan posisinya ini, dia tercatat sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia, berada di bawah keluarga Hartono dan Prajogo Pangestu.

BACA JUGA:Lumbung Harta Karun Batubara, Segini Hasil 2 Perusahaan Tambang Batubara di Muara Enim

2. Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja, yang dipimpin oleh mendiang Eka Tjipta Widjaja, memiliki kendali atas Sinar Mas Group, sebuah konglomerat yang telah dikenal sejak masa Orde Baru. 

Grup Sinar Mas memiliki PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA) yang berfokus pada sektor energi dan infrastruktur.

Anak perusahaan dari DSSA, yakni PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) dan Golden Energy and Resources Ltd. (GEAR), merupakan kontributor utama dalam industri batu bara. 

BACA JUGA:Harta Karun Daerah Nagan Raya! Menyimpan Tambang Batubara Terluas, di Sini Lokasinya

GEAR tidak hanya mengoperasikan tambang di Indonesia, tetapi juga melakukan akuisisi aset tambang di Australia, seperti Stanmore Coal.

Putra dari Eka, Franky Oesman Widjaja, menjabat sebagai Komisaris Utama DSSA. Total kekayaan keluarga Widjaja mencapai US$ 10,8 miliar atau setara dengan Rp 168,3 triliun, menegaskan posisi mereka dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

BACA JUGA:Bisa Saingi Kalimantan? Intip Potensi Harta Kartun Hitam dan Lokasi Batubara di Jawa Barat

3. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir, yang merupakan kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir, adalah salah satu pendiri PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), sebuah emiten besar di sektor pertambangan batu bara. 

Bersama dengan TP Rachmat dan Edwin Soeryadjaya, mereka mendirikan ADRO, yang saat IPO-nya pada tahun 2008 berhasil mendapatkan dana terbesar dalam sejarah, sebuah prestasi yang baru-baru ini dipecahkan oleh Bukalapak. 

BACA JUGA:Bisa Saingi Kalimantan? Intip Potensi Harta Kartun Hitam dan Lokasi Batubara di Jawa Barat

Adaro memiliki lokasi penambangan yang tersebar di Pulau Sumatra dan Kalimantan, serta memiliki situs penambangan di Australia yang diakuisisi pada tahun 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: