Iklan RBTV Dalam Berita

Surganya Harta Karun Emas, Benarkah Kualitas Emas Paling Bagus di Indonesia Berasal dari Sulawesi?

Surganya Harta Karun Emas, Benarkah Kualitas Emas Paling Bagus di Indonesia Berasal dari Sulawesi?

Harta karun emas di Indonesia--

Namun, jika kamu mencari emas dengan kadar kemurnian tertinggi, maka emas dari Sulawesi adalah pilihan yang tepat. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa seluruh daerah penghasil emas di Indonesia memiliki potensi besar dan kualitas yang sangat baik.

Sementara, tak hanya itu saja, dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai emas yang bagus di Indonesia, termasuk sumber daya emas terbesar di Indonesia, teknologi penambangan emas yang modern, dan potensi masa depan industri emas di Indonesia.

BACA JUGA:Siapa Sangka Bahan Dapur Ini Bikin Mahluk Halus Tidak Berani Masuk Rumah

1. Gunung Pongkor, Bogor
Daerah penghasil emas terbesar di Indonesia yang pertama berada di Gunung Pongkor, Kecamatan Nanggung, Bogor. Daerah ini menjadi tambang emas yang dimiliki PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Pada tahun 1989, PT Antam melalui tim geologinya melakukan survei di Gunung Pongkor. Mereka pun berhasil menemukan potensi emas di sana. PT Antam membangun tujuh terowongan untuk melakukan penambangan, tetapi hanya tiga yang terpakai.

Luas lahan tambang yang dimiliki PT Antam seluas 6.042 hektar. Untuk diketahui, produksi emas di Pongkor sekitar 1,5-2 ton per tahun atau sekitar 48.226-64.301 ons.

BACA JUGA:Siapa Sangka Bahan Dapur Ini Bikin Mahluk Halus Tidak Berani Masuk Rumah

2. Martabe, Sumatra Utara
Daerah penghasil emas berikutnya ada di Martabe, Sumatra Utara. Tambang emas ini berada di perbukitan Tapanuli Selatan. Perlu diketahui, Pulau Sumatra memang memiliki cadangan emas yang cukup banyak, yaitu sekitar 168 juta ton.

Tambang emas Martabe sudah beroperasi sejak tahun 2008 dan dikelola oleh PT Agincourt Resources (PT AR). Luas tambang emas ini bahkan mencapai 1.303 km persegi.Tambang emas ini diketahui sudah menghasilkan 8,8 juta ons emas dan 72 juta ons perak pada 2017.
Mereka juga masih memiliki cadangan bijih emas yang diperkirakan mencapai 4,7 juta ons emas.

BACA JUGA:Dapatkan Laptop Huawei Termurah 2024 dengan Performa Memuaskan, Ini Review Spesifikasinya

3. Batu Hijau, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Sumbawa, Nusa Tenggara Barat menjadi daerah penghasil emas terbesar di Indonesia berikutnya, tepatnya berada di Batu Hijau.

Di daerah tersebut ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Mulanya, Tambang Batu Hijau dimiliki oleh PT Newmont Nusa Tenggara. Namun, saat ini daerah tambang tersebut menjadi anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk. Namanya juga diubah menjadi PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

PT Amman Mineral pada akhir 2020 mulai menjalankan tahap terakhir penambangan di Batu Hijau. Emas yang dihasilkan adalah 4,12 juta ons dan tembaga sebesar 4,47 miliar pon.

BACA JUGA:Dana Hibah Untuk Pengamanan Pilkada Seluma Capai Rp 4 Miliar

4. Pujon, Kalimantan Tengah
Seperti yang diketahui, Kalimantan menjadi salah satu pulau dengan cadangan emas terbanyak. Tepatnya berada di Desa Pujon, Kalimantan Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: