Iklan dempo dalam berita

Khasiat Kayu Manis Ampuh untuk Mengatasi Masalah Asam Lambung, Buktikan Sendiri

Khasiat Kayu Manis Ampuh untuk Mengatasi Masalah Asam Lambung, Buktikan Sendiri

Khasiat kayu manis untuk asam lambung--

Manfaat ini menjadikan kayu manis sebagai salah satu tanaman herbal yang baik untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

BACA JUGA:Diantar Simpatisan dan Mantan Pejabat, Zurdi Nata Kembalikan Formulir Penjaringan Calon Bupati

4. Mengontrol tekanan darah
Ini juga salah satu manfaat kayu manis yang sayang dilewatkan. Kayu manis mengandung kalium dan antioksidan yang tinggi, sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Namun, untuk memaksimalkan manfaat kayu manis yang satu ini, Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat, yakni rutin berolahraga, tidak merokok, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan membatasi asupan garam.

5. Melawan infeksi jamur dan bakteri
Zat aktif Cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis diyakini mampu membantu melawan berbagai jenis infeksi, misalnya infeksi jamur penyebab gangguan pernapasan dan infeksi bakteri penyebab kerusakan gigi dan bau mulut.

BACA JUGA:Catat, Ini 3 KSP Online Resmi Tanpa Biaya Admin, Begini Cara Mendapatkan Pinjaman

Selain manfaat di atas, kayu manis juga dipercaya dapat mencegah demensia dan penyakit Alzheimer, membantu melawan virus HIV, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meski demikian, efektivitas kayu manis sebagai obat alami masih perlu diteliti lebih lanjut. Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kayu manis dalam jumlah berlebihan karena tanaman ini mengandung kumarin, yang dapat merugikan kesehatan jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.

BACA JUGA:Top 10 Jurusan Kuliah yang Mempunyai Gaji Besar di 2024, Referensi untuk Calon Mahasiswa

Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat konsumsi kayu manis yang berlebihan:

1. Iritasi atau Luka pada Mulut dan Bibir

Konsumsi kayu manis dalam jumlah besar dapat menyebabkan iritasi atau luka pada mulut dan bibir. Senyawa aktif dalam kayu manis bisa menjadi terlalu keras bagi jaringan mukosa mulut, sehingga menimbulkan rasa terbakar atau lecet.

2. Penurunan Kadar Gula Darah yang Terlalu Drastis (Hipoglikemia)
Kayu manis dikenal memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah, tetapi konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penurunan gula darah yang terlalu drastis, atau hipoglikemia.

Hipoglikemia dapat menyebabkan gejala seperti pusing, lemas, kebingungan, dan dalam kasus yang parah, bisa menyebabkan kehilangan kesadaran.

BACA JUGA:Mabuk Kelapa Muda, Otot Kejang-kejang, Ikuti Petunjuk Berikut

3. Gangguan Pernapasan
Kayu manis dapat menyebabkan gangguan pernapasan, terutama pada orang yang memiliki riwayat asma. Partikel halus dari kayu manis bisa mengiritasi saluran pernapasan, memicu serangan asma atau membuat sulit bernapas.

4. Kerusakan atau Gangguan Fungsi Hati
Kumarin yang terdapat dalam kayu manis dapat menyebabkan kerusakan hati jika dikonsumsi dalam jumlah besar secara terus-menerus. Hati bertanggung jawab untuk memetabolisme berbagai zat dalam tubuh, dan paparan kumarin yang tinggi dapat menyebabkan toksisitas hati dan gangguan fungsi hati.

BACA JUGA:Catat, Ini 3 KSP Online Resmi Tanpa Biaya Admin, Begini Cara Mendapatkan Pinjaman

5. Sakit Perut
Konsumsi kayu manis yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit perut.

Senyawa aktif dalam kayu manis bisa mengiritasi lapisan perut, menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang signifikan.

BACA JUGA:Oknum Guru Ngaji Dilaporkan Kasus Asusila, Korbannya 7 Orang Murid

6. Gangguan Pencernaan
Kayu manis yang dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti muntah dan diare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: