Iklan dempo dalam berita

Berikan Kemudahan di Hari Akhir, Ini 11 Tujuan Berkurban dalam Islam

Berikan Kemudahan di Hari Akhir, Ini 11 Tujuan Berkurban dalam Islam

Berikan Kemudahan di Hari Akhir, Ini 11 Tujuan Berkurban dalam Islam--Foto: ist

Ketaqwaan kepada Allah SWT menjadi ciri keislaman seorang muslim, sehingga berkurban merupakan salah satu ciri keislaman juga. 

2.   Meneladani dan Mengikuti Anjuran Nabi Ibrahim AS

Umat muslim pasti sudah tahu bahwasannya sejarah ibadah qurban tidak lepas dari kisah hidup Nabi Ibrahim dan sang putra, yakni Nabi Ismail.

Pada masa itu, Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT melalui mimpi untuk menyembelih putranya dengan tujuan berkurban. 

BACA JUGA:Kurban Satu Ekor Sapi Untuk 7 Orang di Dalam Keluarga, Bolehkah? Ini Penjelasan UAH

Mimpi tersebut dituruti oleh Nabi Ibrahim, kemudian beliau pun menceritakan hal tersebut kepada sang putra, Nabi Ismail.

Karena ketaatannya kepada Allah, Nabi Ismail bersedia disembelih dan dijadikan kurban, begitu juga sang ayah. 

Akan tetapi, sebelum proses penyembelihan dimulai, Malaikat Jibril turun dari surga dengan membawa seekor domba atas perintah Allah SWT. Domba yang dibawa oleh Malaikat Jibril dibawa dari surga untuk menggantikan Nabi Ismail sebagai hewan kurban. 

Nabi Ibrahim pun dengan gembira menyembelih domba yang dibawa oleh Malaikat Jibril, sehingga beliau pun menganjurkan umat Islam untuk berkurban setiap Hari Raya Idul Adha. 

BACA JUGA:Kurban Satu Ekor Sapi Untuk 7 Orang di Dalam Keluarga, Bolehkah? Ini Penjelasan UAH

3.   Berkurban Lebih Tinggi dari Bersedekah

Pahala yang didapatkan oleh umat muslim ketika melaksanakan ibadah kurban sangatlah banyak dan besar, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bersedekah.

Meskipun pada dasarnya berbagi daging merupakan hal yang sama dengan bersedekah, namun tidak ketika melaksanakan qurban. 

Ibadah ini apabila dilaksanakan, akan membuat umat muslim yang melakukannya mendapatkan pahala selayaknya hujan turun ke permukaan bumi. 

BACA JUGA:Sah dan Diperbolehkan, Ini Hukum Islam tentang Kurban Sapi Patungan 7 Orang Serta Dalilnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: