Iklan RBTV Dalam Berita

Hasto Diperiksa Selama 4 Jam, Ternyata Ini Alasan Sekjen PDIP Dipanggil KPK

Hasto Diperiksa Selama 4 Jam, Ternyata Ini Alasan Sekjen PDIP Dipanggil KPK

Ternyata Ini Alasan Sekjen PDIP Dipanggil KPK--

"Penyidik meminta staf dari saksi Hasto dipanggil, dan setelah dipanggil, penyidik menyita barang bukti berupa elektronik (ponsel), catatan, dan agenda milik saksi Hasto," lanjut Budi.

BACA JUGA:Curiga Ada yang Mantau dari Kejauahan? Begini Cara Menghentikan HP Disadap

Budi menambahkan bahwa ponsel termasuk salah satu barang bukti elektronik dalam kasus korupsi, sehingga penyidik berwenang untuk melakukan penyitaan. 

Apalagi, penyidik sudah menjelaskan bahwa ponsel milik Hasto akan menjadi alat bukti dalam kasus suap yang menjerat Harun Masiku. "Penyitaan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan disertai dengan surat perintah penyitaan," tegas Budi.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Nunukan 2024, Cek Ada Berapa Desa yang Dapat Anggaran Lebih dari Rp 1 Miliar?

Sebelumnya Hasto Kristiyanto mengaku berada di ruang pemeriksaan KPK selama empat jam, meskipun pemeriksaan hanya berlangsung selama satu setengah jam.

Sisanya, menurut Hasto, ia dibiarkan kedinginan. Hasto juga memprotes penyitaan ponselnya selama pemeriksaan.

BACA JUGA:Parkir Alfamart di Kota Bengkulu Kembali di Pungut Biaya, Ini Kata Pemkot Bengkulu

Berikut ini sederet pernyataan KPK usai panggil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada Senin 10 Juni 2024 sebagai saksi atas kasus dugaan suap PAW yang menjerat mantan caleg PDIP Harun Masiku yang sudah buron sejak 2019.

1. Beberkan Alasan Panggil Staf dan Sita Ponsel Hasto Kristiyanto

Hasto Kristiyanto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka suara terkait penyitaan ponsel milik Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto pada Senin 10 Juni 2024.

Adapun ponsel Hasto disita penyidik disela pemeriksaannya sebagai saksi atas kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) yang menjerat mantan calon anggota legislatif (caleg) PDIP Harun Masiku yang sudah buron sejak 2019.

BACA JUGA:10 Merek HP dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi, Berbahaya untuk Kesehatan

Tim Jubir KPK Budi Prasetyo membenarkan penyidik telah melakukan penyitaan ponsel Hasto Kristiyanto. Dia beralasan, hal itu bagian dari proses penyidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: