Iklan dempo dalam berita

Rincian Dana Desa Kabupaten Natuna Tahun 2024, Ini Desa dengan Dana Lebih dari Rp 1 Miliar

Rincian Dana Desa Kabupaten Natuna Tahun 2024, Ini Desa dengan Dana Lebih dari Rp 1 Miliar

Rincian dana desa di Kabupaten Natuna tahun 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Rincian dana desa Kabupaten Natuna tahun 2024, ini desa dengan dana lebih dari Rp 1 miliar.

Kabupaten Natuna, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, merupakan salah satu kabupaten dengan alokasi Dana Desa yang signifikan. Kabupaten ini mencakup 70 desa yang tersebar di wilayah seluas 2.009,04 km². 

Terletak di ujung utara Indonesia, Natuna berbatasan langsung dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara, serta Kabupaten Bintan di sebelah selatan. 

Dengan kepadatan penduduk yang rendah, sekitar 40 jiwa per kilometer persegi, distribusi Dana Desa di Natuna menjadi vital untuk mendukung pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2024 untuk 56 Desa, Cek Desa yang Paling Besar

Apa Itu Dana Desa?

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan khusus untuk desa-desa di seluruh Indonesia. 

Tujuan utama dari Dana Desa adalah untuk mendukung berbagai kegiatan di tingkat desa yang mencakup penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. 

Dana ini ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten atau kota, yang kemudian dialokasikan kepada desa-desa yang ada di wilayah tersebut.

Alokasi Dana Desa bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pembangunan infrastruktur dan fasilitas yang mendukung kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, Dana Desa juga digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui dukungan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, serta pengembangan potensi lokal yang ada di desa.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa di Kabupaten Lampung Utara 2024, Silakan Cek Desa yang Mendapatkan Dana Paling Besar

Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang memiliki dampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat desa. 

Beberapa area utama yang menjadi fokus penggunaan Dana Desa adalah pembangunan infrastruktur seperti jalan desa, jembatan, pasar desa, dan fasilitas publik lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: