Iklan RBTV Dalam Berita

Arti Malam 1 Suro Bagi Umat Islam yang Mendapat Julukan Al Asyhur Al Hurum

Arti Malam 1 Suro Bagi Umat Islam yang Mendapat Julukan Al Asyhur Al Hurum

Arti Malam 1 Suro Bagi Umat Islam yang Mendapat Julukan Al Asyhur Al Hurum--

Dalam Islam, Muharram adalah bulan yang sangat mulia dan mendapat julukan al asyhur al hurum, seperti bulan Dzulhijjah, Dzulqa'dah, dan Rajab.

Di bulan ini, Allah SWT mengharamkan pertumpahan darah dan segala bentuk perbuatan maksiat.

Allah juga memerintahkan manusia untuk memperbanyak amal ibadah di waktu tersebut. Sebab, pahala dari amalan baik yang dikerjakan di bulan-bulan haram akan dilipatgandakan.

BACA JUGA:Keyakinan Masyarakat Jawa Turun Menurun, Mengapa Tidak Boleh Menikah di Bulan Suro? Begini Penjelasannya

Amalan Bulan Muharram

Dihimpun dari buku 12 Bulan Mulia Amalan Sepanjang Tahun oleh Abdurrahman Ahmad, berikut amalan yang dapat dikerjakan umat Islam pada malam 1 Suro atau selama bulan Muharram untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

1. Membaca Doa Akhir Tahun

Malam satu suro atau satu Muharam merupakan awal dari Tahun Baru Islam. Saat menyambut pergantian tahun, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa untuk meminta ampunan dari dosa di masa lalu serta memohon keselamatan dan keberkahan di tahun yang akan datang.

BACA JUGA:InsyaAllah Rezeki Lancar dan Hati Tenang jika Rutin Amalkan Sholawat Ma’tsuroh dan Ghairu Ma’tsuroh

2. Puasa Sunnah

Amalan utama yang dapat dikerjakan di bulan Muharram adalah puasa sunnah. Hal ini dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam hadits shahih riwayat Imam Muslim. 

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulannya Allah (Muharram). Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam (tahajud).”

BACA JUGA:Bukan Cuma Keberuntungan, 4 Weton Ini juga Diberkahi Rezeki Melimpah Selama Bulan Suro

3. Berdzikir

Dzikir adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah. Amalan dengan ganjaran pahala besar ini bisa dikerjakan umat Muslim kapan pun dan di mana pun. Beberapa bacaan dzikir yang dapat didaraskan adalah tasbih, tahlil, dan takbir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: