Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Filosofi Malam 1 Suro dan Sejarahnya yang Ditetapkan Oleh Sultan Agung

Ini Filosofi Malam 1 Suro dan Sejarahnya yang Ditetapkan Oleh Sultan Agung

Filosofi Malam 1 Suro--

2. Alkulturasi dua budaya

Penanggalan Jawa-Islam yang disusun Sultan Agung merupakan bentuk akulturasi Kalender Saka (Hindu) dan Hijriah (Islam). Kala itu, pasca kekalahan melawan Belanda di Batavia, masyarakat Mataram terbagi dalam dua kubu, yakni santri dan abangan.

Kelompok santri merupakan masyarakat Jawa muslim yang mempraktikkan syariat agama Islam. Sementara kaum abangan adalah kalangan penduduk yang lebih dekat dengan tradisi.

Dalam hal ini, Sultan Agung membutuhkan cara supaya kelompok santri dan abangan dapat bersatu. Salah satu jalur yang ditempuh adalah membuat Kalender Jawa-Islam.

BACA JUGA:Apa Saja Mitos Keramat Larangan Saat Malam Satu Suro? Dipercaya Bisa Bawa Sial

3. Bentuk evaluasi diri

Prapto Yuwono, pengajar Sastra Jawa di Universitas Indonesia menjelaskan bahwa Sultan Agung meminta rakyatnya pada malam satu Suro sebagai permulaan tahun baru untuk prihatin, tidak berbuat sesuka hati dan tidak boleh berpesta.

Masyarakat harus menyepi, tapa, dan memohon kepada Tuhan. Prapto juga mengimbuhkan, untuk menghormati leluhur dan sebagai bentuk evaluasi, pada malam tersebut juga pusaka-pusaka dicuci, dibersihkan, seiring dengan kehidupan spiritual yang disucikan kembali.

BACA JUGA:Rutinkan Baca Sholawat Ma’tsuroh dan Ghairu Ma’tsuroh, Rezeki Lancar Hati Menjadi Tenang

Keistimewaan Malam Satu Suro Bagi Masyarakat Jawa

Sementara itu, malam satu Suro memiliki keistimewaan dan makna yang mendalam bagi masyarakat Jawa. Beberapa keistimewaan malam satu Suro antara lain: 

1. Awal Tahun Baru Jawa 

Malam satu Suro merupakan awal dari tahun baru Jawa. Masyarakat Jawa memandang malam satu Suro sebagai momen penting untuk merayakan pergantian tahun dan memulai awal yang baru dengan penuh harapan dan doa. 

BACA JUGA:4 Weton Berikut Katanya Dilarang Keluar Rumah Pada Malam 1 Suro, Demi Terhindar dari Bahaya

2. Nilai Spiritual 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: