Iklan RBTV Dalam Berita

Catat, Ini 4 Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat, Dijamin Hasilnya Maksimal

Catat, Ini 4 Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat, Dijamin Hasilnya Maksimal

Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat--

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Matic Harga Rp 200 Jutaan, Cocok Untuk Daerah Macet

2. Pengolahan Lahan Tanah Secara Tepat

Cara merawat kopi agar berbuah lebat selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menjaga kondisi lahan agar tetap subur. Anda telah mengetahui indikator kesuburan tanah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kini Anda hanya perlu meningkatkan atau menjaga indikator tersebut.

Anda harus menjaga agar tekstur, struktur, dan bobot tanah tetap dalam keadaan yang baik. Jika drainase tanah kurang baik, Anda dapat membuat sistem drainase menggunakan pipa dan parit.

Nilai kapasitas tukar kation, C-Organik, dan bahan organik harus Anda tingkatkan dengan cara memberikan banyak bahan organik pada lahan tersebut. Contohnya, seperti memberikan pupuk kandang atau pupuk humus. Sebarkan juga cacing tanah di lahan tersebut.

Derajat keasaman tanah harus selalu dijaga agar tetap ideal untuk tanaman kopi. Jika sudah terlalu asam atau kurang dari 5,5, Anda harus menggunakan kapur pada lahan. Kalau derajat keasaman lahan lebih dari 6,5, maka Anda harus menyiram lahan dengan air rebusan ketapang atau perasan air jeruk.

BACA JUGA:Doa untuk Kucing yang Meninggal, Simak Cara Menguburnya

3. Pahami Penanggulangan Gulma

Pada lahan yang subur akan selalu ada risiko tumbuh gulma. Tanaman gulma ini bisa menyerap nutrisi yang seharusnya diperlukan tanaman kopi. Pada akhirnya, gulma akan menghambat pertumbuhan tanaman kopi.

Penyiangan merupakan salah satu cara menanggulangi gulma yang cukup efektif. Cara melakukan penyiangan adalah dengan mencabut tanaman gulma, kumpulkan dalam satu tempat.

Kemudian bongkar tanah tempat gulma tumbuh untuk memastikan semua akarnya telah tercabut. Bakar gulma yang telah Anda kumpulkan.

BACA JUGA:Jadwal Rekrutmen Bintara dan Tamtama PK TNI AL 2024, Lulusan SMP-SMA/SMK Bisa Daftar

4. Pemupukan Tanaman Kopi

Faktor kimia dalam tanah, termasuk kandungan unsur hara dapat meningkatkan bila Anda melakukan pemupukan. Cara memupuk kopi agar berbuah lebat dan banyak harus dilakukan dengan benar secara teknis dan dosis.

Proses Pemupukan Agar Kopi Berbuah Lebat dan Banyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: