Iklan RBTV Dalam Berita

Catat, Ini 4 Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat, Dijamin Hasilnya Maksimal

Catat, Ini 4 Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat, Dijamin Hasilnya Maksimal

Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat--

Pupuk organik terbuat dari bahan-bahan alami sehingga mampu meningkatkan faktor kimia pada tanah dan baik untuk tanaman kopi. Namun, jumlah unsurnya tidak banyak sehingga anda harus menggunakan pupuk organik dalam jumlah yang banyak.

Untuk mengatasi kekurangan kedua pupuk tersebut, Anda dapat menggunakan pupuk organik cair GDM karena komposisinya sudah menyesuaikan kebutuhan unsur hara tanaman kopi serta aman untuk lahan dan tanaman.

Selain itu, pupuk organik cair GDM juga mengandung bakteri baik yang akan meningkatkan kesuburan tanah. Gunakan GDM SAME, GDM Black Bos, dan Pupuk Organik Cair GDM Spesialisasi Perkebunan mulai dari pengolahan tanah.

BACA JUGA:5 Fakta Tol Lubuklinggau-Bengkulu, Tidak Perlu Khawatir Mabuk di Gunung, Perjalanan Lebih Cepat

3. Dosis Pemupukan

Memberikan pupuk dengan dosis yang kurang tidak akan bisa memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman kopi, tetapi memberikannya terlalu berlebihan juga bisa membuat tanaman kopi rentan terserang penyakit.

- Gunakan GDM SAME sebanyak 150 kg dan GDM Black Bos sebesar 10 kg pada 1 ha lahan yang tengah Anda persiapkan untuk proses penanaman.

- Pada saat proses penanaman bibit kopi, berikan Pupuk Organik Cair GDM Spesialisasi Perkebunan sebanyak 5 liter.

- Sampai umur tanaman kopi mencapai 3 bulan, berikan pupuk organik cair GDM spesialis kebun dengan dosis 5 ml per satu pohon. Berikan dengan jangka waktu 1 minggu sekali.

- Mulai tanaman kopi berumur dari 6 bulan hingga 12 bulan, berikan GDM SAME sebanyak 150 kg selama 6 bulan sekali untuk 1 ha tanah, GDM Black Bos sekitar 10 kg dengan jarak 6 bulan sekali untuk 1 ha tanah, dan pupuk organik cair spesialis kebun sebanyak 10 ml untuk satu pohon dengan penggunaan 2 minggu sekali.

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Matic Harga Rp 200 Jutaan, Cocok Untuk Daerah Macet

- Jika tanaman kopi sudah berumur 1 hingga 4 tahun, berikan GDM SAME dan GDM Black Bos dengan takaran yang sama seperti sebelumnya. Dosis penggunaan Pupuk Organik Cair GDM Spesialisasi Perkebunan juga sama, yaitu 10 ml untuk satu pohon. Namun, dengan jarak waktu 1 bulan sekali.

- Tetap gunakan GDM SAME dan GDM Black Bos dengan ukuran yang sama saat tanaman kopi berumur lebih dari 4 tahun. Penggunaan Pupuk Organik Cair GDM Spesialisasi Perkebunan ditambahkan menjadi 15 ml untuk satu pohon dengan waktu 2 bulan sekali.

Itulah hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat buah kopi tumbuh dengan lebat dan banyak. Gunakan pupuk organik cair GDM dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kualias dan hasil panen kopi memang tidak selamanya bergantung pada teknis maupun pemupukan, namun kedual hal tersebut sangat bisa dimaksimalkan yang tentunya akan merubah nilai ekonomis dari biji kopi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: