Iklan RBTV Dalam Berita

Catat, Ini 4 Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat, Dijamin Hasilnya Maksimal

Catat, Ini 4 Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat, Dijamin Hasilnya Maksimal

Cara agar Tanaman Kopi Cepat Berbuah Lebat--

Anda harus memberikan pupuk untuk kopi supaya berbuah lebat dengan proses yang benar. Berikanlah pupuk yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tanaman kopi.

Berikut ini adalah proses pemupukan agar kopi berbuah lebat dan banyak:

1. Kebutuhan Unsur Hara Makro dan Mikro

Setiap tanaman membutuhkan unsur hara, begitu juga dengan tanaman kopi. Berdasarkan jumlahnya, ada dua jenis unsur hara yang dibutuhkan tanaman kopi, yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro.

Tanaman kopi membutuhkan unsur hara makro dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan unsur hara mikro. Namun, bukan berarti unsur hara mikro tidak penting. Kekurangan unsur hara mikro juga dapat menghambat pertumbuhan tanaman kopi.

BACA JUGA:5 Fakta Tol Lubuklinggau-Bengkulu, Tidak Perlu Khawatir Mabuk di Gunung, Perjalanan Lebih Cepat

Unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman kopi berupa nitrogen, fosfor, kalium, magnesium, dan kalsium. Jumlah yang dibutuhkan juga beragam.

Tanaman kopi butuh nitrogen sebanyak 53 sampai 172 kg, fosfor sekitar 10 hingga 36 kg, kalium sebanyak 80 hingga 180 kg, magnesium sekitar 16 – 25 kg, dan kalsium berkisar 28 hingga 90 kg.

Tanaman kopi juga membutuhkan unsur hara mikro berupa boron, zinc, besi, tembaga, seng, mangan, air, oksigen dan masih banyak lagi. Jumlah yang dibutuhkan juga tidak sebanyak unsur hara makro.

Air dan oksigen bisa didapatkan oleh tanaman kopi melalui penyiraman yang anda lakukan setiap hari dan proses fotosintesis. Sedangkan sisanya harus melalui proses pemupukan.

BACA JUGA:PIP Pencairan Termin 2 Juli 2024, Ini Siswa SD SMP SMA Penerima Pencairan BLT PIP

2. Jenis Pemupukan

Mengetahui jenis dan jumlah unsur hara yang tepat untuk tanaman kopi dapat membantu anda mencari pupuk yang tepat. Ada dua jenis pupuk yang dapat anda berikan untuk tanaman kopi, yaitu pupuk kimia dan pupuk organik.

Seperti namanya, pupuk kimia terbuat dari zat kimia yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman kopi. Pupuk kimia juga memiliki kekurangan, yaitu dapat merusak faktor kimia tanah hingga tidak sehat untuk tanaman kopi.

BACA JUGA:Melek Teknologi, BRI Tampilkan Perjalanan Transformasi Digital di PDC 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: