Iklan dempo dalam berita

Orang Tua Harus Tahu, Hindari Anak Konsumsi Makanan dan Minuman Ini, Penyebab Sakit Ginjal

Orang Tua Harus Tahu, Hindari Anak Konsumsi Makanan dan Minuman Ini, Penyebab Sakit Ginjal

Makanan dan minuman penyebab sakit ginjal--

Maka dari itu, sebaiknya minuman bersoda dibatasi atau dikurangi terutama bagi orang yang memiliki riwayat sakit ginjal.

BACA JUGA:RSMY Punya Dua Gedung Cuci Darah, Bisa Layani 51 Pasien Sekaligus

3. Makanan Tinggi Garam

Biasanya asupan garam yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keseimbangan sodium dan kalium (potasium) dalam tubuh rusak. 

Hal ini menyebabkan kedua zat tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik untuk ginjal dalam mengumpulkan cairan dari dinding pembuluh darah.

Apabila sodium memiliki kadar yang melebihi batas wajar, maka ginjal tidak lagi bisa menarik cairan dari dalam pembuluh darah secara efektif sehingga menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.

Hal lain yang disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan yakni peningkatan jumlah protein dalam urine yang dapat menyebabkan turunnya fungsi ginjal. 

Contoh makanan yang memiliki kadar garam tinggi adalah pizza, makanan beku, camilan ringan, dressing salad, acar, dan sayur kalengan.

BACA JUGA:8 Efek Samping Rebusan Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Waspadai Gangguan Asam Lambung hingga Ginjal

4. Produk Susu

Susu, keju, mentega, yogurt tentu memiliki nutrisi dan vitamin yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Namun, produk susu juga mengandung protein hewani yang sulit diproses oleh ginjal.

Kemudian, sering kali produk susu mengandung fosfor dan kalium yang tentu dapat membahayakan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

BACA JUGA:Kurangi Risiko Kematian, Cukup Konsumsi Air Rebusan 4 Daun Ini untuk Obati Ginjal, Seperti Ini Aturan Minumnya

5. Olahan Daging

Makanan yang dimaksud sebagai olahan daging yakni seperti sosis, nugget, dan hamburger. Jenis makanan olahan daging ini cenderung mengandung garam dan fosfor yang tinggi dan bisa meningkatkan risiko kanker ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: