Iklan dempo dalam berita

Pasokan Terus Menipis, Harga Kopi Robusta Meroket ke Rekor Tertinggi

Pasokan Terus Menipis, Harga Kopi Robusta Meroket ke Rekor Tertinggi

Pasokan Terus Menipis, Harga Kopi Robusta Meroket ke Rekor Tertinggi--foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pasokan terus menipis, harga-kopi robusta meroket ke rekor tertinggi.

Vietnam termasuk salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Vietnam telah mengekspor kopi senilai lebih dari USD 3,5 miliar pada 2018, yang pada akhirnya memberikan dorongan bagi ekonomi negara tersebut. Jenis kopi Robusta merupakan varietas kopi yang paling populer yang ditanam di Vietnam, dikutip dari Vietnam Insider.

Meski di beberapa wilayah kopi Arabika juga ditanam oleh penduduk setempat, namun biji kopi Robusta di Vietnam lebih populer daripada biji Arabika karena harganya yang lebih murah. Dilansir dari laman Coffe Little Green Cyclo, ternyata kopi Vietnam memiliki banyak fakta menarik dari produsen yang besar di dunia hingga proses pembuatannya.

BACA JUGA:Gara-gara Kekeringan dan La Nina, Siap-siap Harga Kopi Diprediksi Makin Mahal

1. Vietnam Produsen Kopi Terbesar Kedua di Dunia

Brasil tetap menjadi produsen kopi terbesar, ternyata Vietnam berhasil menempati posisi kedua hanya dengan sedikit selisih. Sejak akhir tahun 80-an, Vietnam mulai mengembangkan kopi, dan dalam 30 tahun. Pasar dari kopi Vietnam melonjak dari 0,1 persen menjadi 20 persen. Fokus utama saat ini lebih pada kualitas daripada kuantitas, dengan banyak pertanian keluarga kecil yang tumbuh dan menghasilkan biji kopi dengan kualitas tinggi.

2. Karakteristik Rasa Kopi Vietnam

Kopi Vietnam umumnya dipanggang gelap, yang memberikan rasa lebih pahit. Namun, untuk produk siap minum, produsen memilih panggangan sedang untuk mengurangi sedikit pahit dan memberikan minuman yang lebih halus dan beraroma.

Campuran kopi tipikal sebesar 100 persen atau sebagian besar berupa Robusta, yang memberikan rasa lebih kuat karena bijinya mengandung hampir dua kali lipat kafein dari Arabika.

BACA JUGA:Di Balik Melonjaknya Harga Kopi Dunia, Seperti Ini Prediksi Panen Raya Kopi di Indonesia

3. Jenis-jenis Biji Kopi yang Diproduksi di Vietnam

Vietnam merupakan eksportir terbesar biji Robusta di dunia, tetapi mereka juga menghasilkan biji Arabika, terutama varietas Catimor dari Portugal. Selain itu, terdapat jenis kopi unik seperti Kopi Musang (Weasel Coffee) dan Kopi Gajah (Elephant Coffee).

Jenis kopi tersebut berasal dari biji Robusta yang dimakan dan kemudian dikeluarkan oleh musang atau gajah. Proses pencernaan dikenal dapat memberikan rasa lebih halus dan kaya.

4. Pilihan Konsumsi Kopi Vietnam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: