Iklan dempo dalam berita

Fakta Menarik Ayam Cemani, Harganya yang Mahal hingga Kerap Dikaitkan untuk Pengobatan

Fakta Menarik Ayam Cemani, Harganya yang Mahal hingga Kerap Dikaitkan untuk Pengobatan

Ayam Cemani --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Fakta menarik ayam cemani, harganya yang mahal hingga kerap dikaitkan untuk pengobatan.

Misteri ayam cemani erat hubungannya dengan santet. Konon, ayam ini sering dikirim sebagai media santet terhadap sasaran yang dituju. Ayam cemani memang begitu magis. 

BACA JUGA:Di Bengkulu Selatan Terdata Ada 923 Unit Rumah Kategori Tidak Layak Huni (RTLH)

Sampai-sampai, manusia yang minum darahnya diyakini bakal punya kekebalan tubuh. Konon ayam cemani merupakan makanan kegemaran bangsa jin. 

Tak heran jika memanggil jin jenis tertentu mereka kerap meminta menu ayam cemani, kopi hitam, dan berbagai sesajen lainnya. Ciri-ciri ayam cemani bertuah ada pada matanya. 

Ayam cemani memiliki keunikan yang tidak ditemui pada jenis ayam lain. Ciri khas ayam ini adalah warnanya yang serba hitam legam, mulai dari bulu, daging, tulang, dan organ-organ di dalamnya. Keunikan tersebut yang membuat ayam cemani dikenal hingga ke mancanegara.

Mitos ayam cemani meyakini bahwa jika memang seekor cemani itu istimewa, memiliki tuah kekuatan gaib, maka bola matanya akan sangat tajam tatapannya. Dan di malam hari konon akan memancarkan cahaya kuning kemerahan. 

BACA JUGA:Cara Pengajuan KUR Pegadaian 2024, Tabel Angsuran Pinjaman Rp 5 Juta Tenor 3 Tahun

Fakta Menarik Ayam Cemani 

Berikut ini lima fakta menarik tentang ayam cemani yang sering digunakan untuk ilmu hitam:

1. Memiliki warna hitam di bagian luar hingga bagian dalamnya!

Ayam cemani tidak hanya memiliki warna hitam di bagian luarnya saja, tetapi juga sampai ke bagian dalamnya. Warna hitam ini mencakup bulu, paruh, jengger, ceker, organ dalam, dan bahkan tulangnya. 

Menurut National Geographic, ayam cemani mengalami kelainan yang disebut hiperpigmentasi atau fibromelanosis. Kondisi ini disebabkan oleh mutasi genetik pada gen EDN3, yang berfungsi mengatur warna kulit. Pada ayam cemani, gen EDN3 terlalu aktif, sehingga memproduksi 10 kali lebih banyak melanoblas. 

Hal ini membuat warna hitam tidak hanya terekspresikan di bulu ayam, tetapi juga merasuk hingga ke organ dan tulangnya. Meski demikian, mutasi ini tidak memberikan dampak negatif pada kesehatan ayam cemani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: