Iklan dempo dalam berita

Jangan Dianggap Enteng, Ini Dampaknya jika Satu Hari Berubah Menjadi 25 Jam

Jangan Dianggap Enteng, Ini Dampaknya jika Satu Hari Berubah Menjadi 25 Jam

Dampak bagi kehidupan jika satu hari menjadi 25 jam--

Seiring berjalannya waktu, bulan yang semakin menjauh ini menyebabkan rotasi Bumi melambat. Proses ini juga terkait dengan pasang surut lautan di Bumi yang dipengaruhi oleh tarikan gravitasi bulan. 

Saat Bumi berputar, gravitasi bulan menarik lautan untuk menciptakan pasang surut tinggi dan rendah. Tarikan gravitasi ini menyebabkan air laut 'menonjol' ke arah bulan di sisi Bumi yang paling dekat dengannya.

Peran Pasang Surut dan Iklim dalam Memperlambat Rotasi Bumi

Ketika kita membicarakan dampak bulan terhadap Bumi, pasang surut laut adalah salah satu contoh yang paling jelas. 

Saat bulan mengorbit Bumi, tarikan gravitasinya menyebabkan air laut di sisi Bumi yang paling dekat dengan bulan untuk 'menonjol' ke arahnya. 

Ini menciptakan pasang surut tinggi. Namun, di sisi Bumi yang berlawanan, tarikan gravitasi bulan lebih lemah, menyebabkan air laut menonjol menjauh dari bulan. Kombinasi dari gaya gravitasi dan inersia ini menciptakan dua tonjolan pasang surut yang bergerak seiring dengan rotasi Bumi.

Namun, karena Bumi berputar lebih cepat daripada bulan mengorbit, tonjolan pasang surut ini tidak berada tepat di bawah bulan, melainkan sedikit di depan. 

BACA JUGA:Yuk Tingkatkan Peluang Lolos CPNS 2024, Ini 45 Contoh Soal SKD CPNS yang Bisa Dipelajari

Akibatnya, ada gesekan antara tonjolan pasang surut dan dasar laut yang bergerak di bawahnya, yang pada akhirnya memperlambat rotasi Bumi. 

Pada saat yang sama, energi yang hilang oleh Bumi diambil oleh bulan, yang menyebabkan bulan bergerak ke orbit yang lebih tinggi.

Selain itu, krisis iklim yang sedang kita hadapi juga memiliki dampak pada rotasi Bumi. Pemanasan global menyebabkan es kutub mencair lebih cepat, yang menambahkan air ke lautan. 

Air ini kemudian bergerak dari kutub menuju khatulistiwa, di mana lautan sudah menonjol karena tarikan gravitasi bulan. 

Pergerakan air ini menyebabkan Bumi semakin melebar di bagian tengahnya, yang pada akhirnya memperlambat rotasi Bumi lebih jauh.

Jadi, semua ini berarti bahwa hari-hari di Bumi akan semakin panjang. 

Dampaknya Bagi Kehidupan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: