Iklan dempo dalam berita

Terbongkar, Kesaktian Ida Dayak Dibeberkan Pimpinan Pasukan Merah Panglima Jilah

Terbongkar, Kesaktian Ida Dayak Dibeberkan Pimpinan Pasukan Merah Panglima Jilah

Panglima dayak berkomentar terhadap pengobatan yang dilakukan ida dayak--

Dalam video yang banyak tersebar, Ida Dayak terlihat hanya mengoleskan minyak bintang ke tubuh pasien, lalu melakukan doa dan ritual tarian kecil khas suku Dayak. Setelah itu, pasien langsung sembuh dalam sekejap mata.

Maya menyebut bahwa teknik pijat yang dilakukan oleh Ida Dayak merupakan teknik usapan dalam pengobatan tradisional. Manfaat teknik pijat itu sendiri adalah melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Minyak bintang juga berfungsi menghangatkan dan melicinkan permukaan kulit supaya terhindar dari iritasi saat proses pemijatan.

Maya melanjutkan bahwa pengobatan Ida Dayak dengan mengoleskan minyak ke tubuh pasien mampu mengembalikan dislokasi tulang dan sendi. Ia menyebut kemampuan Ida Dayak sudah di luar batas kemampuan ahli pengobatan.

BACA JUGA:Uang BPNT Tahap Kedua Belum Masuk Rekening? Coba Lakukan Ini

“Dia mampu mengembalikan dislokasi tulang dan sendi. Apa yang dilakukan Ibu Ida Dayak ini sudah di luar batas kemampuan kami. Ada unsur lain selain murni dari unsur pijat dan herbal,” ujar Maya dalam situs Unair.

Dosen Pengobatan Tradisional tersebut pun mengungkapkan bahwa ada hal-hal di luar batas yang sulit dipahami dalam pengobatan Ida Dayak. Menurutnya, terdapat pengaruh luar seperti tradisi turun-menurun, spiritual, atau religiusitas tertentu yang memengaruhi teknik pengobatannya.

BACA JUGA:Gubernur, Kapolda dan Kepala BI Cek Harga Bapok di Pasar, Temuannya Bikin Tenang

Menurutnyauio, pengobatan Ida Dayak tidak berbasis ilmiah dan tidak mengacu pada ilmu kedokteran, anatomi, fisiologi, dan lainnya seperti apa yang dipahami oleh ilmu pengobatan tradisional.

“Kalau pengobatan tradisional kami, semua ada basisnya. Kami mengacu pada ilmu kedokteran, anatomi, fisiologi, dan lain-lain. Walaupun menggunakan bahan-bahan tertentu seperti minyak, kami juga harus bertanggung jawab. Kembali lagi, pengobatan tradisional ini cukup luas, ada yang namanya traditional therapy. Mau jadi penyembuhan atau tidak, kembali pada Yang Maha Kuasa," ungkap Maya.

Selain menunjukkan adanya pengaruh tradisi, ritual membaca doa dan mantra yang dilakukan Ida Dayak mengandung efek psikologis dan berkaitan dengan permainan plasebo. Secara tidak langsung, pikiran pasien akan mengatakan yang sama sehingga terbentuk keyakinan untuk sembuh.

BACA JUGA:Sebelum PKH Tahap Kedua Cair, Cek Lagi Nama Anda di Sini, Jangan Sampai Terblokir

Terkait pengobatan Ida Dayak, Maya setuju jika pemerintah akan melakukan pemantauan. Menurutnya, evidence based dan penelitian sangat penting dalam dunia pendidikan dan kesehatan.

Baginya, alasan pemantauan dari pemerintah juga penting, yakni untuk menjaga masyarakat tetap aman dan tidak terjadi hal-hal yang merugikan masyarakat.

“Jadi, di luar bahwa ibu Ida Dayak ini bisa melakukan pengobatan dengan dahsyat, maka perlu dari dunia pendidikan atau kesehatan melakukan observasi atau penelitian lebih lanjut, baik dari pijat, herbal, atau supranaturalnya. Jika itu ilmu yang kelak akan berkembang, maka kita akan berdiri bahwa ada dasar dari apa yang dilakukan bu Ida," terangnya.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: