Iklan dempo dalam berita

Jangan Panik, Ini 9 Cara Menyelamatkan Diri saat Terjadi Tsunami

Jangan Panik, Ini 9 Cara Menyelamatkan Diri saat Terjadi Tsunami

Cara Menyelamatkan Diri saat Tsunami--

- Suara Gemuruh

Sebelum gelombang tsunami datang, sering kali terdengar suara gemuruh yang mirip dengan kereta barang. Suara ini bisa menjadi tanda bahwa gelombang besar sedang mendekat.

BACA JUGA:Sah Jadi Menteri Pemuda dan Olahraga, Segini Gaji dan Tunjangan Dito Ariotedjo

- Penurunan Air Laut

Salah satu tanda awal dari tsunami adalah penurunan mendalam air laut yang terjadi dengan cepat. Jika Anda melihat air laut surut secara tiba-tiba dan tidak sesuai dengan waktu surutnya air laut yang biasa, segera cari tempat perlindungan yang lebih tinggi.

- Perubahan Cuaca dan Perilaku Hewan

Kadang-kadang, perubahan cuaca yang ekstrem atau perilaku hewan yang tidak biasa dapat menjadi indikator awal adanya bencana alam. Meski tidak selalu terjadi, tetap waspada terhadap tanda-tanda ini.

BACA JUGA:Rapat Pleno, Ini Catatan KPU Kabupaten Seluma untuk Kedua Paslon

2. Segera Jauhi Pantai

Saat Anda menerima peringatan tsunami atau merasakan gempa bumi yang kuat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjauhi pantai dan area pesisir.

Gelombang tsunami memiliki kekuatan menghancurkan yang sangat besar dan dapat menyapu segala sesuatu di jalurnya. Pergilah ke arah yang lebih tinggi segera setelah Anda mendengar peringatan atau merasakan gempa.

Jangan menunggu, karena gelombang tsunami bisa datang dalam waktu singkat setelah tanda-tanda awal.

BACA JUGA:Berkelahi Dekat Pos Polisi Simpang Lima, Pemuda Lempuing Ditusuk Teman Sendiri

3. Cari Tempat Tinggi dan Aman

Setelah menjauhi pantai, carilah tempat tinggi untuk berlindung. Tempat-tempat seperti bukit, gunung, atau gedung bertingkat yang kokoh adalah pilihan terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: