Iklan dempo dalam berita

Daftar 14 Jenis Pinjaman Modal Usaha dengan Bunga Kecil Mulai dari Bank hingga Pinjol

Daftar 14 Jenis Pinjaman Modal Usaha dengan Bunga Kecil Mulai dari Bank hingga Pinjol

Jenis pinjaman modal usaha 2024--ist

Koperasi biasanya lebih populer di daerah seperti pedesaan, karena banyak yang membuka usaha dengan modal dari koperasi, terbilang cukup mudah dan aksesnya cepat.

BACA JUGA:Penjelasan BMKG Soal Kemunculan Awan Tsunami di RI, Pertanda Apa?

7. Kompetisi Bisnis Plan

Kompetisi bisnis plan, adalah salah satu pilihan jenis jenis pinjaman untuk modal usaha, karena sahabat Camkoha bisa memenangkan modal dengan mengikuti kompetisi bisnis plan ini.

Biasanya, nasabah harus menyiapkan ide dan konsep bisnis sebagus dan sematang mungkin, dan membuat proposal selogis dan semenarik mungkin agar bisnis plan kamu dilirik dan menjadi pemenangnya, sehingga bisa mendapatkan modal usaha dari kompetisi tersebut.

Kompetisi ini biasanya selalu ada pertahunnya, oleh karena itu jika saat ini sahabat Camkoha sedang merintis bisnis, maka bisa menyusun konsep bisnis untuk memenangkan kompetisi dan mendapatkan modal usahanya. pastikan untuk melakukan perencanaan yang matang ya.

8. Modal Pegadaian

Pinjaman modal untuk usaha selanjutnya adalah modal pegadaian, biasanya sahabat Camkoha harus mengajukan pinjaman dengan konsekuensi kamu harus memberikan jaminan terlebih dahulu.

Suku bunga modal pegadaian terbilang cukup rendah dari mulai 0,75% hingga 1,25% dan untuk jumlah pinjamannya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 500 juta, tergantung jaminan yang kamu berikan.

Pegadaian bisa jadi alternatif pilihan untuk pinjaman modal namun jika sahabat Camkoha memiliki jaminan yang cukup besar untuk mendapatkan modal yang besar pula.

BACA JUGA:Hujan Lebat di Musim Kemarau, Ini Fenomena MJO yang Perlu Diketahui

9. Pinjaman Kerabat

Jika sahabat Camkoha tidak bisa meminjam via bank, dan tabungan tidak cukup untuk dijadikan modal usaha, alternatif lainnya untuk pinjaman modal usaha adalah dengan meminjam ke kerabat dekat, atau keluarga, kamu bisa berikan data serta apa saja kebutuhan yang kamu perlukan untuk memulai usaha kamu.

Pilihan ini biasanya tidak disukai, karena takut merusak hubungan keluarga, namun jika jujur dan usaha kamu bisa dikembangkan dengan baik, maka pinjaman untuk modal usaha dari kerabat bisa jadi pilihan.

Atau, sahabat Camkoha juga bisa membuat kontrak perjanjian pinjaman agar kedua belah pihak merasa aman dan terjamin secara hitam diatas putih. Kontrak perjanjian ini dibuat agar ke depannya kamu dan kerabat tidak ada cekcok masalah pinjaman, karena perjanjian sudah jelas dalam kontrak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: