Iklan RBTV Dalam Berita

Selain Insomnia, Ini Dampak Negatif dari Kurang Tidur untuk Kesehatan

Selain Insomnia, Ini Dampak Negatif dari Kurang Tidur untuk Kesehatan

Dampak buruk bagi kesehatan jika kurang tidur--

Penampilan yang buruk akibat kurang tidur dapat berdampak pada rasa percaya diri seseorang.

5. Tingginya Risiko Kecelakaan

Salah satu aspek yang sering diabaikan adalah hubungan antara kurang tidur dan keselamatan. Kurang tidur dapat mengurangi konsentrasi dan respons seseorang, meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya maupun di tempat kerja. 

Kecelakaan lalu lintas sering kali terjadi akibat pengemudi yang mengantuk. Oleh karena itu, kurang tidur bukan hanya memengaruhi kesehatan individu, tetapi juga dapat membahayakan orang lain.

BACA JUGA:Oknum Kepala Sekolah Diduga Intimidasi Belasan Siswa karena Masalah yang Sepele

Cara Memperbaiki Pola Tidur

Untuk mengatasi masalah kurang tidur, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki pola tidur:

 1. Membuat Jadwal Tidur

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membuat jadwal tidur yang konsisten. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari membantu tubuh mengatur ritme sirkadian. 

Usahakan untuk tetap berpegang pada jadwal ini, meskipun di hari libur. Konsistensi ini akan membantu meningkatkan kualitas tidur.

2. Menciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Lingkungan tidur yang nyaman sangat penting untuk tidur yang berkualitas. Pastikan ruangan gelap, tenang, dan sejuk. Matikan semua perangkat elektronik dan meredupkan lampu sebelum tidur, karena cahaya terang dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang membantu kita tidur.

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh! 7 Dampak Stres yang Mengintai Kesehatan Anda

3. Menghindari Gadget Sebelum Tidur

Hindari kebiasaan bermain ponsel atau menonton televisi menjelang tidur. Cahaya biru dari layar gadget dapat menghambat produksi melatonin, sehingga menyulitkan kita untuk tidur. Selain itu, konten di media sosial dapat mempengaruhi suasana hati dan menyebabkan stres, yang membuat tidur semakin sulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: