Iklan RBTV Dalam Berita

Ternyata, Ini 3 Daftar Kota dengan Konsumsi Anjing Tertinggi di Indonesia, Ada Wilayahmu?

Ternyata, Ini 3 Daftar Kota dengan Konsumsi Anjing Tertinggi di Indonesia, Ada Wilayahmu?

Anjing--

Hal itu seperti yang dilaporkan oleh Ketua Animal Defenders Indonesia, Doni Herdaru saat bertemu dengan sejumlah wartawan di Mapolsek Medan Area 2021 silam.

Menurutnya, daging anjing sangat diminati di Medan lantaran disebut-sebut rasanya lebih gurih seperti ayam kampung dan ayam broiler.

Anjing berusia 4 hingga 1 tahun langsung di jagal untuk dijadikan daging anjing.  Ia juga menjelaskan jika daging anjing sangat populer dan tinggi permintaannya ketimbang daging kucing.

Akhirnya Pemerintah Kota Medan telah mengeluarkan surat edaran melarang penjualan daging anjing dengan nomor 440/4676 pada tanggal 22 April 2022.

BACA JUGA:Termahal di ASEAN, Presiden Jokowi Beberkan Penyebab Harga Beras di Indonesia Mahal

3. Jakarta

DMFI menyebutkan jika di Jakarta setidaknya ada sekitar 9.520 anjing perbulannya yang dibunuh untuk dijadikan daging.

Artinya sekitar 340 anjing perharinya yang telah disiapkan sebagai konsumsi. Melansir VOA Indonesia, anjing-anjing tersebut ditangkap dan perjualbelikan secara ilegal.

Surat edaran Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) tahun 2018 tentang larangan peredaran atau perdagangan daging anjing pun diabaikan.

Sementara menurut Jakarta Animal Aid Network (JAAN) mengatakan jika masih banyak kelompok masyarakat yang menganggap makan daging anjing adalah budaya turun menurun.

Itulah 3 kota dengan konsumsi daging anjing tertinggi. Mengenai kebiasaan itu, pemerintah setempat beserta organisasi pelindung hewan berusaha menghilangkan konsumsi daging anjing di Indonesia.

BACA JUGA:Jadi Korban Pelecehan, Bernadya Buka Suara Bilang Begini

Mengingat perdagangan daging anjing oleh oknum yang tidak bertanggungjawab masih saja terjadi sampai saat ini. Padahal, banyak sekali ahli kesehatan yang menyebutkan jika daging anjing tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Selain menyimpan banyak risiko kesehatan, daging hewan ini juga tidak terbukti membawa kebaikan untuk kesehatan manusia.

Anjing bukan merupakan hewan konsumsi melainkan hewan peliharaan, pemburu dan penjaga yang baik. Mengkonsumsi anjing juga tidak hanya berbahaya untuk kesehatan tubuh saja, dari sisi agama khususnya Agama Islam, konsumsi daging anjing juga hukumnya haram kecuali jika dalam kondisi sangat terpaksa.

BACA JUGA:Warga Histeris, Rumah 2 Lantai Tiba-tiba Ambruk saat Diguyur Hujan Deras, Begini Kondisi Penghuni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: