Iklan RBTV Dalam Berita

PERANG Sudan, TNI Turunkan Komando Pasukan Gerak Cepat Evakuasi 538 WNI

PERANG Sudan, TNI Turunkan Komando Pasukan Gerak Cepat Evakuasi 538 WNI

Evakuasi WNI dari Sudan--

"Nanti setelah di Jeddah ini kemungkinan akan menggunakan pesawat komersial (ke Indonesia)," kata Yudo.

 

Pesawat TNI disebut bakal fokus untuk proses evakuasi dari Port Sudan ke Jeddah. Menurut Yudo, evakuasi WNI lewat udara dari Port Sudan ke Jeddah dianggap memungkinkan untuk dilakukan berulang kali.

 

BACA JUGA:Dikejar Utang, 3 Shio Ini Bisa Miskin Sepanjang Hidup

"Tentunya (dengan) hanya perjalanan 45 menit (ke Jeddah), sehari bisa selesai, kalau situasinya aman tentunya, situasinya mendukung. Kalau 45 menit bolak-balik dua-tiga kali kan bisa. Saat ini kan bisa mengangkut 100," jelas Yudo.

 

Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara dilibatkan di antara 39 personel Satgas Evakuasi WNI di Sudan.

 

Yudo menyebut, pelibatan Kopasgat tak terlepas dari situasi keamanan di Sudan yang belum kondusif, meskipun penjemputan WNI ini mengambil waktu jeda kemanusiaan/gencatan senjata.

 

BACA JUGA:Soal Shaf Shalat Ied Ponpes Al Zaytun, Ini Tanggapan Tegas UAS

'"Kemungkinan besar karena ini (perang) sesama militer dan paramiliter, tentunya sangat besar potensinya (ancaman)," kata Yudo.

 

"Informasi dari Jeddah, itu ternyata ada serangan lagi (saat jeda kemanusiaan). Maka kami kirim Kopasgat yang nantinya akan mengamankan di bandara tempat untuk evakuasi," terang mantan Kepala Staf Angkatan Laut itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: