Iklan RBTV Dalam Berita

Gak Hanya Buat Sayur, Ini 9 Manfaat Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan, Ketahui Cara Membuat

Gak Hanya Buat Sayur, Ini 9 Manfaat Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan, Ketahui Cara Membuat

Gak Hanya Buat Sayur, Ini 9 Manfaat Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan, Ketahui Cara Membuat--foto: rbtv.disway.id

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Bambu Kuning Bagi Kesehatan

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Satu keunggulan tambahan dari rebung bambu adalah bahwa kandungan kolesterol dan lemak jenuhnya sangat rendah. 

Hal ini lah yang membuatnya menjadi pilihan makanan sehat bagi mereka yang ingin menjaga kadar kolesterol dalam diet mereka tetap rendah, serta menjaga keseimbangan nutrisi secara keseluruhan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian telah menyatakan bahwa rebung memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol LDL yang tidak larut dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak dalam arteri, yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi rebung dapat membantu melarutkan kolesterol LDL dan mencegah penyumbatan arteri, sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Hal ini dapat diatribusikan kepada kandungan pitosterol dan fitonutrien yang bermanfaat dalam rebung.

BACA JUGA:Mengenal 4 Manfaat Tuak Kelapa untuk Kesehatan, Begini Proses Pembuatannya

5. Menjaga Kesehatan Hati

Penyakit hati atau yang juga dikenal sebagai penyakit lever merupakan kondisi gangguan hati yang menyebabkan organ ini tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Hati merupakan organ yang dapat melakukan regenerasi dengan cepat untuk mengganti sel-sel yang rusak. Sehingga apabila sel-sel yang rusak banyak, maka dapat mengganggu fungsi dan kinerja hati.

Dilansir dari Medical News Today, penyakit hati disebabkan oleh infeksi parasit dan jamur. Sehingga hal ini mengakibatkan lever tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Seseorang yang mengalami penyakit hati biasanya akan mengalami beberapa gejala, seperti kulit dan mata tampak menguning dan perut terasa nyeri dan bengkak.

Salah satu cara alami mencegah penyakit hati yaitu dengan mengonsumsi rebung bambu kuning. Kandungan hidroksi bemsadelhid pada rebung kuning memiliki sifat anti-toksin pada hati yang dapat mencegah lever atau hepatitis A.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum, Ini 9 Manfaat Tuak untuk Kesehatan, No 8 Penting Diketahui Ibu-ibu

6. Mengobati Penyakit Kuning

Hepatitis atau penyakit kuning, yang dapat mengganggu fungsi utama hati dan kesehatan tubuh, dapat diredakan dengan mengonsumsi rebung atau tunas bambu kuning. Kandungan gizi dalam rebung, termasuk protein, memiliki kemampuan untuk melawan infeksi serta memperbaiki kerusakan jaringan hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: