Iklan RBTV Dalam Berita

14 Jenis Minuman Alkohol Khas Indonesia, Dibuat Secara Tradisional

14 Jenis Minuman Alkohol Khas Indonesia, Dibuat Secara Tradisional

Jenis Minuman Alkohol Khas Indonesia--

Masyarakat sekitar percaya bahwa ballo adalah minuman yang disajikan untuk perjamuan raja-raja pada zaman dahulu. Namun kini, ballo dapat dinikmati siapa saja.

BACA JUGA:Gak Hanya Buat Sayur, Ini 9 Manfaat Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan, Ketahui Cara Membuat

4. Cap Tikus

Minuman Cap Tikus ini bukan racun untuk tikus, melainkan nama minuman alkohol khas Minahasa. Cap Tikus terbuat dari air nira yang difermentasi dan disuling.

Semakin sering disuling, maka rasanya akan semakin enak. Kandungan alkohol pada minuman ini biasanya mencapai 40%.

5. Sopi dan Moke

Sopi merupakan salah satu minuman alkohol tradisional Indonesia dari Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara. Asal nama "sopi" berasal dari Bahasa Belanda, zoopje, yang berarti alkohol cair. Nama daerah yang terkenal sebagai produsen sopi terbaik adalah Aimere, Ngada, NTT.

Di NTT, sopi dikenal dengan sebutan moke, yang terbuat dari hasil sadapan pohon lontar. Proses penyulingan moke dilakukan dengan menggunakan wadah periuk tanah liat dan uap hasil sulingan yang dialirkan melalui batang bambu. Sedangkan sopi disuling dengan gentong yang disambungkan dengan pipa.

BACA JUGA:Fashion Stylist Tuai Kecaman, Mahasiswi Ini Pakai Baju Batik Model Crop Top saat Peringatan Hari Batik

6. Ciu

Ciu merupakan minuman alkohol tradisional Indonesia dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang memiliki bahan pembuatan beragam.

Di Banyumas, ciu dihasilkan melalui fermentasi ketela pohon yang telah menghasilkan cairan sebagai hasil samping dari pembuatan tape. Sementara di Desa Bekonang, Solo, ciu terbuat dari fermentasi hasil penyulingan tetes tebu.

7. Anding atau Baram

Anding dan baram adalah minuman khas yang berasal dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Bali. Di Kalimantan, baram dikenal sebagai anding. Minuman ini telah dibuat oleh Suku Dayak sejak berabad-abad yang lalu dan terbuat dari campuran ragi, nila, enau, dan nasi ketan.

BACA JUGA:Fashion Stylist Tuai Kecaman, Mahasiswi Ini Pakai Baju Batik Model Crop Top saat Peringatan Hari Batik

8. Tuo Nifaro dan Tuo Mbanua

Tuo Nifaro dan Tuo Mbanua adalah minuman tradisional yang berasal dari Nias, selalu hadir dalam acara adat sebagai seserahan. Tuo Nifaro dibuat dari fermentasi penyulingan nira pohon, baik dari kelapa maupun enau, sementara Tuo Mbanua merupakan jenis tuak mentah yang juga dikenal sebagai Tuak Arak.

9. Saguer dan Ballo

Saguer atau Ballo merupakan minuman alkohol tradisional Indonesia yang berasal dari Sulawesi Utara, terbuat dari fermentasi nira pohon enau atau pohon lontar. Di Minahasa, pohon enau dikenal dengan sebutan sague atau seho, sehingga minuman hasil fermentasinya disebut dengan nama saguer.

BACA JUGA:Viral! Pemuda Boti (Bonceng Tiga) Lakukan Aksi Pencurian Jaket yang Sedang di Jemur di Sebuah Rumah

10. Laru

Laru, minuman asal Nusa Tenggara Timur, sebenarnya merupakan bahan dasar yang dapat digunakan untuk membuat sopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: