Iklan RBTV Dalam Berita

Penghasil Kaviar Terbesar di Dunia, Ikan Sturgeon Termasuk Jenis Ikan Apa?

Penghasil Kaviar Terbesar di Dunia, Ikan Sturgeon Termasuk Jenis Ikan Apa?

Ikan Sturgeon --

BACA JUGA:Mengenal Dana Darurat, Simak Alasan Mengapa Penting Dilakukan

2. Sturgeon Berlian (Acipenser gueldenstaedtii)

Sturgeon berlian berasal dari Rusia, Eropa Timur, Iran, Kazakhstan, dan Azerbaijan. Spesies ini termasuk langka dan terancam punah sebab banyak diburu sebagai ikan hias. Ia bisa tumbuh sangat cepat ketika berada di alam liar.

Panjangnya dapat mencapai 2,3 m. Tubuh sturgeon berlian berwarna biru tua agak hitam dengan sisik punggung lateral putih atau krem.

BACA JUGA:Gak Hanya Buat Sayur, Ini 9 Manfaat Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan, Ketahui Cara Membuat

3. Sturgeon Bintang (Acipenser stellatus)

Ikan satu ini sangat mirip dengan sturgeon berlian, tetapi tubuhnya lebih ramping. Ia mempunyai hidung panjang, tipis, dan 5 sungut pendek dekat mulut.

Asal sturgeon bintang adalah cekungan Laut Kaspia, Laut Aegea, dan Laut Hitam. Tubuh berwarna abu-abu gelap agak hitam, ada pula sisik sepanjang punggung, perut, serta lateral.

Sturgeon bintang bisa mencapai panjang 2,2 m dan bobot 70 kg jika hidup di alam. Ketika telah berada di penangkaran, ikan ini hanya mencapai panjang antara 1,3-1,5 m dengan berat 15 kg.

BACA JUGA:Tak Selalu Buruk, Ternyata Ini Manfaat Arak untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

4. Sturgeon Shovelnose (Scaphirhynchus platorynchus)

Berasal dari Amerika Utara dan tergolong spesies sturgeon kecil, ikan ini mempunyai moncong mengarah ke bagian atas, tampak berbintik, membulat dan pipih. Ia pun populer dengan sebutan switchtail, sturgeon pasir, dan hackleback.

Area dorsal (punggung) serta lateral warnanya cokelat muda dengan bagian perut putih. Ia senang memakan cacing, lalat, ikan kecil, juga krustasea. Umumnya panjang ikan antara 50-85 cm dengan berat spesies dewasa kurang lebih 2,5 kg.

5. Sturgeon Beluga (Huso huso)

Sturgeon beluga adalah spesies yang terbesar di antara semua jenis ikan sturgeon. Panjangnya bisa mencapai 7 m dengan bobot 1,65 ton.

Biasanya ikan ini berwarna abu-abu atau biru dengan punuk bagian punggung yang bulat memanjang. Sama seperti beberapa spesies sturgeon lainnya, beluga pun diburu telurnya sebab memiliki harga yang cukup mahal.

BACA JUGA:Mengenal Dana Darurat, Simak Alasan Mengapa Penting Dilakukan

6. Sturgeon Putih (Acipenser transmontanus)

Spesies sturgeon ini terkenal dengan minyak serta kantong renangnya yang bisa dimanfaatkan menjadi isinglass.

Tubuhnya berbentuk silinder memanjang, bisa mencapai ukuran 3 m, dan bobot 630 kg. Ia berasal dari perbatasan Pasifik Timur Amerika Utara. Mulutnya mirip vakum yang mampu menghisap mangsa seperti cacing, larva, juga krustasea yang berada pada dasar laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: