Iklan RBTV Dalam Berita

Sudah Lama Tak Kunjung Hujan, Kapan Musim Hujan di Bondowoso? Ini Perkiraan dari BMKG

Sudah Lama Tak Kunjung Hujan, Kapan Musim Hujan di Bondowoso? Ini Perkiraan dari BMKG

Kapan musim hujan di Bondowoso?--

“Kami mengimbau agar seluruh pihak bisa lebih siap dan melakukan beberapa antisipasi terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem pada masa peralihan atau pancaroba, yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometerologis seperti, banjir, banjir bandang, sedimentasi waduk, serta perlunya kesiapan inspeksi struktur bangunan dan jaringan,” ungkap Anung.

Selain itu, Anung juga meminta agar pemda atau pemkot setempat bisa lebih optimal dalam mengedukasi masyarakat tentang cara menghadapi risiko bencana yang berpotensi terjadi selama periode musim hujan.

“Tidak kalah penting adalah menyusun rencana early action untuk menekan kerugian yang timbul akibat bencana,” tandasnya. 

Karakteristik Hujan di Bondowoso

Menurut prakiraan dari BMKG, musim hujan di Bondowoso untuk periode 2024-2025 diprediksi akan memiliki karakteristik sebagai berikut:

BACA JUGA:Resahkan Pedagang, Polisi Ringkus Preman yang Jadi Dalang Pungli di Pasar Tumpah

1. Curah Hujan Normal: Sebagian besar wilayah di Jawa Timur, termasuk Bondowoso, diperkirakan akan mengalami curah hujan yang normal. Ini berarti hujan tidak akan lebih basah atau lebih kering dari biasanya.

2. Awal Musim Hujan: Musim hujan diprediksi akan datang lebih awal dibandingkan dengan rata-rata tahunan.

3. Distribusi Hujan: Beberapa daerah di Bondowoso mungkin mengalami curah hujan di atas normal, terutama di kecamatan Grujugan dan Maesan.

Sebagai informasi, tambahan berikut ini beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana cuaca besok. 

Saat ini, selain memantau prakiraan cuaca dari BMKG, ada juga beberapa platform atau aplikasi lain yang dapat kamu gunakan untuk memantau bagaimana cuaca besok.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan 2024 di Bojonegoro? Ini Prakiraan Awal hingga Puncaknya dari BMKG

1. Weather & Radar

Selanjutnya, aplikasi ini memberikan informasi cuaca lokal pada saat itu sesuai lokasi pengguna dengan menampilkan pula informasi seperti indeks UV, kualitas udara, temperatur radar, dan lainnya.

2. Weather Forecast

Aplikasi prakiraan cuaca yang memiliki informasi cuaca yang akurat kapan saja di mana saja sesuai prakiraan cuaca lokal hingga laporan hujan secara real time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: