Iklan dempo dalam berita

Panas Ekstrem, Petani Sawit Jangan Dulu Lakukan 3 Aktivitas Ini Biar Tidak Rugi

Panas Ekstrem, Petani Sawit Jangan Dulu Lakukan 3 Aktivitas Ini Biar Tidak Rugi

Panas Ekstrem, Petani Sawit Jangan Dulu Lakukan 3 Aktivitas Ini Biar Tidak Rugi--

Tentu hal ini akan meningkatkan pelepasan air secara bersamaan atau evapotranspirasi (pelepasan atau penguapan air secara bersamaan dari tanah dan jaringan tanaman).

Dua dari tiga aktivitas agronomis yang ditunda ini sangat berhubungan erat dengan kebakaran lahan, yaitu pengendalian gulma secara kimia dan pruning. 

Karena ouput dari kedua ini adalah bahan yang sangat mudah terbakar dan bisa menjadi pemicu kebakaran lahan dan hutan, baik di lahan Podsolik maupun di tanah gambut atau jenis tanah lainnya.

“Tidak ada pilihan selain hentikan ketiga aktifitas agronomis tadi, jika tidak ingin semakin merugi akibat pupuk tidak efisien serta dampak fisiologis perakaran akibat panas sebagai reaksi pupuk. Dan hentikan pengendalian gulma secara kimia dan pruning untuk mengurangi potensi semakin panasnya iklim mikro dan antisipasi karhutla tentunya,” jelasnya.

Terkait iklim ekstrem dan kebakaran lahan, potensi kebakaran lahan ini dua kali lebih berpotensi di lahan gambut, karena gambut yang kering akan sangat sensitif dengan percikan api dan aktivitas manusia di sekitar perkebunan untuk melakukan kegiatan agronomis juga akan menambah peluang terjadinya kebakaran lahan secara tidak sengaja.

“Untuk itu saya menyarankan kontrol kebun di lahan gambut supaya lebih serius pada musim atau cuaca ekstrem seperti pada saat ini," kata dia.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: