Iklan dempo dalam berita

Akhirnya Menteri yang Zalim Itu Tidak Berkutik di Tangan Abu Nawas

Akhirnya Menteri yang Zalim Itu Tidak Berkutik di Tangan Abu Nawas

Kisah Abu Nawas dengan menteri yang zalim--

“Panggil orang-orang alim dan kabarkan kepada mereka bahwa aku sudah mati. Masukkan badanku ke dalam keranda bersama sekerat batang pisang yang dibungkus kain putih sebagaimana mayat laiknya. Tetapi yang dimasukkan ke liang lahat nanti adalah batang pisang tadi, sedang badanku tetap dalam keranda dan dibawa pulang kembali. Dengan demikian orang yang punya lembu itu tidak akan datang lagi kemari. Kapan-kapan bila aku sembuh akan kucari orang itu untuk membuat perhitungan terakhir.” Semua pesan itu dikerjakan oleh istri menteri itu dengan baik. 

 

Tetapi dasar Abu Nawas, ia berhasil mencium akal busuk itu. Maka ditemuinya si pemilik lembu. “Kenapa tidak kamu pukul sampai mati menteri itu?” bertanya Abu Nawas. 

 

“Orang itu sudah mati,” kata si pemuda. 

 

“Ia tidak bergerak dan tidak bernafas lagi, karena darah keluar dari hidung dan telinganya.” 

 

“Saat ini menteri itu masih hidup tapi pura-pura mati,” kata Abu Nawas. 

 

BACA JUGA:Teka-teki Ayam dan Telur Lebih Awal? Abu Nawas Punya Jawaban Sendiri

Lalu diceritakannya rencana menteri tadi dan rencananya sendiri agar menteri itu benar-benart mati, sebab jika ia masih hidup juga aku tidak dapat menjamin nasibmu kelak,” 

 

“Hai saudara, maukan Anda aku bayar untuk menaiki kuda yang cepat larinya?” kata Abu Nawas kepada seorang joki yang berbadan tinggi tegap, dekatilah kuburan menteri itu, jika jenazah sudah sampai ke liang kubur, berteriaklah keras-keras, 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: