Iklan RBTV Dalam Berita

Sahabat Nabi yang Pernah Bermimpi Diajak Malaikat Melihat Neraka

Sahabat Nabi yang Pernah Bermimpi Diajak Malaikat Melihat Neraka

Ilustrasi. kisah abdullah bin umar--

Diantara beberapa kisah tentang Abdulullah bin Umar yakni ketika dia pernah bermimpi diperlihatkan neraka oleh Malaikat. 

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, beliau berkata: "Sudah menjadi kebiasaan seseorang pada masa hidup Nabi bila bermimpi, biasanya dia menceritakannya kepada Rasulullah. Aku pun berharap bermimpi hingga aku dapat menceritakannya kepada Rasulullah. Ketika itu aku masih remaja. Pada suatu hari di zaman Rasulullah aku tidur di masjid lalu bermimpi ada dua Malaikat memegangku lalu membawaku ke dalam neraka. Aku melihat neraka yang ternyata adalah lubang besar bagaikan lubang sumur (atau jurang). Neraka itu memiliki dua anjung dan aku melihat di dalamnya ada orang-orang yang sebelumnya aku sudah mengenal mereka. Dengan melihat mereka, membuat aku berkata: "A'udzubillahi minannaar (aku berlindung kepada Allah dari neraka)." 

 

BACA JUGA:Pemuda Ini menggendong Ibunya dari Yaman untuk Menunaikan Ibadah Haji, Sungguh Kisah yang Sarat Nilai

“Kemudian kami berjumpa dengan Malaikat lain lalu dia berkata kepadaku: "Janganlah kamu takut." Kemudian aku ceritakan mimpiku itu kepada Hafshah (kakak perempuan Abdullah), lalu Hafshah menceritakannya kepada Rasulullah. Maka Nabi pun bersabda: "Sungguh Abdullah bin Umar adalah seorang yang beruntung (bahagia) bila dia mendirikan sholat malam." Setelah peristiwa itu, Abdullah bin Umar tidak tidur malam kecuali sedikit. (Sahih Al-Bukhari, Muslim)

 

Sejak itulah Abdullah bin Umar tidak pernah meninggalkan shalat tahajud sampai akhir hayatnya. Bahkan, beliau selalu menghabiskan waktu malamnya untuk shalat dan menangis di hadapan Allah Ta'ala. 

 

Hanya sedikit tidur malamnya. Setiap kali mengingat mimpinya itu, Ibnu Umar menangis sembari berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka. 

 

BACA JUGA:Semua Kaget, Abu Nawas Tiba-tiba Mau Melahirkan, Minta Raja yang Jadi Dukunnya

Begitulah iman para sahabat yang istiqamah dalam ibadah dan selalu takut kepada Allah. Rasulullah berpesan: "Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksanya pada hari Kiamat adalah seseorang yang diletakkan pada kedua tepak kakinya bara api yang membuat otaknya mendidih. Dia merasa tidak ada orang lain yang lebih berat siksanya daripada dia. Padahal, sesungguhnya siksa yang ia terima adalah yang paling ringan di dalam neraka." 

 

Sepanjang hidupnya Abdullah bin Umar meriwayatkan 2.630 hadis. Jumlah ini membuat Abdullah bin Umar menjadi periwayat hadis terbanyak kedua setelah Abu Hurairah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: