Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apakah Masa Jabatan BPD Juga Bertambah? Begini Penjelasannyanya

Kamis 04-07-2024,14:59 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:8 Ciri Kucing Mau Mati, Jangan Disepelekan, Ini Cara Merawatnya

3. Menjaga Keseimbangan Kepentingan

BPD bertugas untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan masyarakat dengan kebijakan pemerintah desa serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam pembangunan desa.

Dengan demikian, BPD dapat menjadi penengah dalam menyelesaikan konflik kepentingan yang mungkin timbul demi mencapai tujuan pembangunan yang lebih inklusif dan berkeadilan.

BACA JUGA:8 Ciri Kucing Mau Mati, Jangan Disepelekan, Ini Cara Merawatnya

4. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Melalui pengawasan yang ketat terhadap pengelolaan keuangan desa dan program pembangunan, BPD berperan dalam memastikan bahwa sumber daya desa digunakan secara efisien dan efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Dengan adanya kontrol yang baik, penyaluran bantuan dan program pembangunan dapat tepat sasaran dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Dengan tugas dan fungsi yang jelas serta kesadaran akan peran strategisnya dalam pembangunan desa, BPD di tahun 2024 diharapkan dapat menjadi pilar utama dalam memperkuat keterlibatan masyarakat dalam proses pembangunan lokal dan menciptakan desa yang lebih maju, adil, dan berkelanjutan.

Demikian penjelasan mengenai masa jabatan Kades jadi 8 tahun, apakah masa jabatan BPD juga bertambah. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Kategori :