Viral 44 Warga di Kalimantan Selatan Mabuk Kecubung, 2 Meninggal Dunia, Ini Kronologinya

Minggu 14-07-2024,16:50 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

Sebelumnya, sebuah video viral di Twitter memperlihatkan sejumlah warga yang mabuk dan mengamuk diduga akibat kecubung. Kejadian ini berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Akun Twitter @bacottetangga__ mengungkapkan bahwa dampak mabuk kecubung ini telah menewaskan dua orang dan menyebabkan 35 orang lainnya dirawat di RSJ Sambang Ilhum.

BACA JUGA:OJK Godok Aturan Baru Pinjol 2024, Warga RI Bisa Pinjam Uang hingga Rp 10 Miliar

Dalam video tersebut, beberapa orang terlihat berdiri sempoyongan di tengah jalan, memaksa pengemudi motor dan mobil untuk memperlambat laju kendaraan mereka.

Tampak juga seorang warga dinaikkan ke atas motor untuk kemudian dibawa dan diamankan. Mabuk kecubung membuat sejumlah orang melakukan hal-hal aneh tanpa sadar.

Polda Kalsel Selidiki Dugaan Penyalahgunaan Kecubung

Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) sedang menyelidiki dugaan penyalahgunaan buah kecubung untuk mabuk atau halusinasi, seperti yang tampak dalam video viral tersebut. 

Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Adam Erwindi, mengatakan bahwa pihaknya telah mengidentifikasi para korban yang mabuk dan mengimbau masyarakat lainnya untuk tidak meniru perilaku tersebut. "Karena bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan," ungkap Adam.

BACA JUGA:Daftar 10 Penjara Termewah di Dunia, Ternyata Ada di Indonesia

Kecubung dan Bahayanya

Kecubung adalah tumbuhan berbunga anggota suku Solanaceae, yang masih sekerabat dengan datura, tumbuhan hias dengan bunga berbentuk terompet besar. Kecubung biasanya berbunga putih atau ungu, tetapi hibridanya berbunga aneka warna. 

Tumbuhan ini mengandung racun yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Racun ini terdapat pada semua bagian tanaman kecubung, termasuk bunga, buah, dan daun.

BACA JUGA:Senaknya Melawan Arah Ngaku Ketua PP Semarang dan Penguasa Wilayah, Begini Nasibnya!

Beberapa zat berbahaya dalam kecubung antara lain:

- Alkaloid: Senyawa kimia yang bekerja pada sistem saraf pusat dan dapat menyebabkan halusinasi, kejang, gangguan mental, dan retensi urine.

- Hiosin: Zat lemak yang dapat menyebabkan efek pengeringan pada tubuh.

Kategori :