Kisah Upaya Donald Trump Berhasil Mendapatkan JD Vance Sebagai Cawapres Pemilu AS 2024

Rabu 17-07-2024,08:05 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

Serangkaian panggilan telepon yang terus-menerus menggemakan proses seleksinya pada tahun 2016, ketika ia ragu-ragu memilih Mike Pence bahkan setelah ia memilihnya. Selama panggilan telepon ketika Pence mengetahui bahwa ia akan menjadi kandidat GOP, Trump tidak pernah secara resmi menawarkan jabatan tersebut kepada gubernur Indiana, hanya menyinggung kandidat bersama mereka.

Beberapa donor dari Partai Republik mendukung Youngkin sebagai pilihan Trump dalam beberapa hari terakhir karena jelas terlihat bahwa Rubio dan Burgum mungkin tidak akan lolos. 

BACA JUGA:Pilpres Amerika Serikat 2024, Donald Trump Pilih JD Vance Sebagai Calon Wakil Presiden

Sebagian kecil donor tidak menginginkan Vance sebagai pilihan dan mendorong siapa pun kecuali dia.

Namun, Vance juga memiliki suara-suara kuat yang mendorongnya, termasuk putra tertua mantan presiden tersebut, Donald Trump Jr., seorang teman dekat dan pendukung yang tak tahu malu, dan mantan penasihat senior Trump, Steve Bannon, yang memuji senator Ohio tersebut sebagai pewaris terbaik gerakan MAGA Trump hampir hingga hari ia masuk penjara awal bulan ini.

Vance juga mendapat dukungan dari Tucker Carlson, bahkan saat mantan bos komentator konservatif itu, maestro Fox News Corp. 

Rupert Murdoch secara langsung melobi Trump untuk memilih Burgum dan mantan kawannya di acara prime-time Fox News, Sean Hannity, berkampanye untuk Rubio.

Bersama-sama, Trump Jr., Bannon, dan Carlson memiliki pengaruh yang luar biasa sebagai pelopor gerakan MAGA mantan presiden dan tokoh berpengaruh di kalangan pendukung sayap kanannya. Mereka berpendapat bahwa Vance tidak hanya memiliki hubungan yang paling kuat dengan Trump, tetapi juga mengatakan bahwa ia akan menjadi yang paling loyal jika dipilih untuk bertugas bersama mantan presiden tersebut, menurut beberapa sumber yang mengetahui diskusi tersebut.

Mereka juga berpendapat bahwa Vance dapat menarik perhatian pemilih kelas pekerja yang dianggap penting untuk memenangkan negara bagian medan pertempuran utama pada bulan November, mengingat masa kecilnya di kota Rust Belt yang miskin di utara Cincinnati. Dan istri Vance, Usha Chilukuri Vance – anak imigran India – adalah seseorang yang mereka pikir dapat menarik perhatian pemilih minoritas, kata sumber tersebut.

BACA JUGA:Donald Trump Ditembak saat Kampanye Pilpres, Ini 12 Presiden AS yang Tewas dan Selamat dari Percobaan Pembunuh

Sacks dan investor real estate Steve Witkoff, teman dekat Trump, juga memberikan dukungan langsung dan terlambat untuk Vance. Senator Alabama Tommy Tuberville dan Rep. Indiana Jim Banks juga memberikan dukungan.

Trump Jr. juga melakukan dorongan pada menit-menit terakhir untuk memilih Vance karena ayahnya ragu-ragu dalam menentukan pilihan, seorang sumber yang paham akan masalah tersebut mengatakan kepada CNN, mendesaknya saat makan malam larut malam di Mar-a-Lago untuk memilih kandidat dari Partai Republik di Ohio tersebut.

Trump Jr. mengatakan kepada CNN bahwa ia berkata kepada ayahnya saat makan malam, “Dengar, kurasa aku pernah melihatnya di TV. Aku pernah melihatnya mengajukan tuntutan terhadap Demokrat. Kurasa tak seorang pun yang lebih pandai bicara daripada itu, dan menurutku kisahnya, latar belakangnya, benar-benar membantu kita di banyak tempat yang akan kita butuhkan.”

Bahkan putra Trump mengatakan dia tidak mengetahui apa-apa hingga informasi itu diposting di Truth Social – sebuah rahasia luar biasa yang dirahasiakan hingga hari pertama konvensi.

BACA JUGA:Selain Donald Trump, Ini Deretan Kepala Negara yang Pernah Ditembak

Belum lama ini Vance menganggap dirinya sebagai “orang yang tidak mendukung Trump.” Pada hari-hari awal Trump naik daun di Partai Republik, Vance, yang saat itu dikenal sebagai penulis “Hillbilly Elegy”, mengkritik bintang TV realitas yang beralih menjadi politisi itu, mempertanyakan apakah Trump adalah “Hitler Amerika” dalam pesan pribadinya. Ia mengatakan bahwa ia memilih pihak ketiga pada tahun 2016.

Kategori :