7 Pengaruh Gadget Terhadap Psikologi Anak, Nomor 4 Dampaknya Tak Main-main

Rabu 07-08-2024,13:10 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 7 pengaruh gadget terhadap psikologi anak, nomor 4 dampaknya tak main-main.

Pada dasarnya, pemakaian gadget dapat memberikan dampak positif pada anak, seperti meningkatkan kreativitas serta melatih kemampuan berkomunikasi, selama tidak digunakan secara berlebihan.

BACA JUGA:Hari Pengayoman Ke-79, Lapas Curup Laksanakan Bakti Sosial Kumham Peduli Dan Berbagi

Namun, jika penggunaan gadget pada anak tidak diawasi oleh orang tua, hal tersebut justru berisiko mengganggu proses tumbuh kembang si Kecil.

Mari pahami lebih lanjut mengenai pengaruh gadget terhadap psikologi dan perkembangan anak dalam artikel berikut ini.

Pengaruh Gadget terhadap Psikologi Anak

Dilansir dari studi di Journal of Maternal and Child Health, penggunaan gadget pada anak usia dini mempengaruhi perkembangan mental dan fisiknya.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memperkirakan ada sebanyak 5–10% anak yang mengalami keterlambatan perkembangan akibat penggunaan gadget. Selain penggunaan gadget berlebihan, perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan, ekonomi, orang tua, dan status gizi.

Berikut ini pengaruh gadget terhadap psikologi anak yang perlu diwaspadai setiap orang tua:

1. Berdampak pada Fungsi Otak Anak

Pengaruh gadget terhadap psikologi anak yang pertama terjadi karena penurunan fungsi otak. Saat balita, otak mengalami perkembangan yang 3 kali lipat lebih cepat ketimbang orang dewasa.

Dilansir dari laman Playground Equipment, intensitas penggunaan gadget yang terlalu tinggi pada balita dapat berdampak negatif pada fungsi otaknya.

Kondisi tersebut menyebabkan anak menjadi kurang perhatian, mengalami gangguan belajar, peningkatan impulsif, serta keterlambatan kognitif. Selain itu, anak mengalami penurunan kemampuan untuk mengatur diri dalam memanajemen emosi.

Alih-alih bermain gadget, sebaiknya lakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Seperti membaca buku cerita, bernyanyi, atau piknik di rumah.

BACA JUGA:Tolong Jangan Bikin Kecewa, Kata Menteri PUPR Ini Target Selesai Proyek Jalan Tol Palembang-Betung

Kategori :